banner 728x250

8 Software Akuntansi Gratis Terbaik untuk Windows

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Mungkin sebagian dari kamu yang nengklik halaman ini adalah pebisnis pemula yang mulai kelimpungan menata keuangan. Apalagi kalau traffic pesanan sudah mulai ramai, sepertinya program komputasi macam Excel sudah tidak membantu lagi. Untuk itu, kamu mulai membutuhkan software akuntansi gratis sebagai solusinya.

Semakin berkembangnya bisnis, sudah ada banyak elemen yang harus dihitung dan pertimbangkan selain selisih omzet dengan modal. Misal gaji karyawan, mengatur biaya tagihan serta sewa di sana-sini, dan lain sebagainya. Banyaknya angka yang dihitung secara manual tentu bisa membuatmu pusing.

Agar bisnis tetap berjalan dengan aman, kamu bisa memanfaatkan rekomendasi software akuntansi gratis full version di bawah ini. Dijamin data akan aman, legal, dan memudahkan proses kalkukasu data penting ini.

1.

Wave

Wave | chrome.google.com

Wave adalah software akuntansi gratis yang dapat diakses di PC selama terkoneksi dengan internet. Kamu tinggal mengakses situsnya dan mendaftarkan akun baru menggunakan email. Tak perlu registrasi dengan kartu kredit, sebab program ini gratis dipakai tanpa ada batasan tertentu.

Saat sudah terdaftar, kamu bisa menikmati fitur kerennya. Seperti pembayaran tagihan otomatis, penerimaan pembayaran, dan pembukuan untuk merekam jejak pendapatan dan pemasukan. Kamu bisa menghubungkan akun Wave dengan akun perbankan dan dompet digital yang tersedia. Bahkan satu akun bisa dipakai untuk untuk beberapa bisnis. Langsung unduh software akuntansi gratisan paling populer ini kalau tertarik.

2.

Akaunting

software akuntansi gratis

Akaunting | akaunting.com

Tak kalah dengan Wave, software akuntansi perusahaan jasa gratis yang satu ini pun selalu masuk halaman pertama di halaman pencarian. Akaunting bisa diakses dan dipakai tanpa harus membayar sepeser pun. Beberapa fitur dasarnya membantumu untuk pembukuan, manajemen tagihan, dan invoice.

Ada beberapa kelebihan yang hanya bisa diakses jika berlangganan jasa dari pihak ketiga, yaitu fitur pembayaran online untuk pelanggan. Jika itu bukan masalah buatmu, mengunduh dan memanfaatkan software akuntansi gratis macam Akaunting bukan jadi masalah.

Baca juga: Situs dan Aplikasi Menabung Terbaik

3.

ZipBooks

software akuntansi gratis

Zipbooks | zipbooks.com

Software akuntansi gratis yang layak masuk radar adalah Zipbooks. Gratis dan fiturnya lengkap, pebisnis kecil pasti bakal berterim akasih dengan keberadaannya. Program ini diciptakan untuk membantu mengatur traffic keuangan perusahaan, membuat invoice, dan menerima pembayaran lewat PayPal maupun kartu kredit dari konsumen.

Tentunya versi gratisnya tetap terbatas. Ada beberapa fitur advance yang tidak bisa didapatkan tanpa berlangganan. Sama dengan kedua software akuntansi perusahaan jasa gratis sebelumnya, kamu tetap memerlukan koneksi internet untuk mengakses akunmu. Kelebihannya, semua data tersimpan di cloud dan tidak akan hilang meski PC kamu bermasalah.

Baca juga: Cara Menabung yang Efektif dan Efisien untuk Anak Muda di Usia 25-an

4.

Manager

software akuntansi gratis

Manager | forum.manager.io

Untuk yang mencari software akuntansi gratis offline, kamu bisa mengunduh Manager. Ini merupakan perangkat lunak open source yang bisa diinstal secara gratis di PC. Legal dan tentunya nggak perlu menggunakan bantuan cracker yang tidak jarang berisi virus atau malware berbahaya.

Manager punya banyak fitur yang sangat membantu pebisnis. Hanya saja UI-nya memang sangat dasar dan lebih cocok untuk orang yang mahir dan familiar dengan HTML. Apps ini juga menyediakan layanan cloud berbayar untuk yang hendak mengamankan data selain menyimpannya di PC kantor.

Kelebihan lainnya, produk ini bisa diakses tanpa koneksi internet setelah proses instalasi berhasil. Hal lain yang perlu dicermati adalah Manager susah dikoneksikan dengan akun perbankan.

Baca juga: Aplikasi Absensi Terbaik di Android Bagi Karyawan dan Siswa

5.

SlickPie

software akuntansi gratis

SlickPie | chrome.google.com

Versi gratis dari software akuntansi perusahaan jasa ini sudah meliputi pembuatan invoice yang tak terbatas serta email support yang bikin usahamu jadi lebih profesional. Satu akun bisa dipakai untuk 10 perusahaan yang berbeda. SlickPie pun dapat disinkronisasikan dengan akun dompet digital seperti PayPal dan Stripe.

Satu kekurangannya, SlickPie versi gratis tidak menyediakan fitur laporan keuangan yang tentunya krusial bagi perusahaan entah besar maupun kecil. Untuk keperluan tersebut, kamu dapat meng-upgrade ke akun berbayar atau menggunakan software akuntansi gratis full version lainnya.

Baca juga: Rumus Excel Dasar yang Wajib Dikuasai Demi Kelancaran Kerja

6.

GnuCash

software akuntansi gratis

GnuCash | ind.routestofinance.com

GnuCash adalah software akuntansi gratis offline selain Manager yang banyak dipuji. Pergi ke situs resminya, unduh installer, dan pasang di PC tanpa pungutan biaya. Selayaknya open source software,  memang produk ini tidak memiliki tampilan modern, cukup dasar dan tampak jadul.

Walau begitu, jangan terintimidasi dulu. Sebab software gratisan ini punya fitur lengkap yang mampu membantu masalah keuangan perusahaan. Tagihan, invoice, tracking pelanggan dan vendor, serta tentunya laporan pembukuan bisa dilakukannya.

Baca juga: Aplikasi Belajar Matematika Terbaik di Android

7.

Kledo

software akuntansi gratis

Kledo | kledo.com

Dari tanah air, ada pula software akuntansi gratis bernama Kledo yang sudah menyediakan beberapa fitur menarik untuk versi basic yang gratis. Kamu sudah bisa membuat laporan keuangan dan memonitor masuk keluarnya uang dalam satu jalur yang jelas.

Meski terbatas, tak ada salahnya untuk mencoba dulu versi gratisnya. Jika sekiranya tertarik, upgrade akunmu ke Pro dengan biaya Rp100 ribu saja per bulannya. Kamu juga akan mendapatkan fitur pembayaran online, dokumen inventori, kapasitas cloud yang lega, serta layanan bantuan 24 jam dari pihak pengembang jika terjadi masalah teknis.

Baca juga: Cara Membuat Barcode untuk Berbagai Kebutuhan

8.

CloudBooks

software akuntansi gratis

Cloudbooks | www.cloudbooksapp.com

Tidak hanya menyediakan manajemen invoice serta pembayaran online, ada banyak fitur pembukuan yang pastinya dibutuhkan para pebisnis untuk keberlangsungan usaha. Cloudbooks bisa diakses secara online di browser apapun tanpa kendala. Fitur laporan keuangan berkala dan project management juga disediakan oleh software gratis full version ini.

Di 30 hari pertama, kamu bisa menikmati versi lengkapnya secara gratis sebelum diarahkan untuk berlangganan. Bila tak ada dana untuk berlangganan, fitur di akun basic-nya pun sudah lumayan membantu.

Artikel Lainnya

[ad_2]

Source link

banner 728x90
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *