Bantuan Dana Hibah 30 Tempat Sampah Terpilah Pemkot Depok Disalurkan ke Wilayah RW 01 Jatijajar

Multinewsmagazine.com (26/12/2021) – Program bantuan hibah pemerintah Kota Depok yang diberikan kepada pengurus lingkungan RW 01Jatijajar telah direalisasikan, dengan telah dibagikannya 30 tempat sampah terpilah kepada 9 RT yang ada di wilayah RW 01 hari ini.

Tempat sampah terpilah yang merupakan salah satu langkah yang dilakukan Pemkot Depok dalam upaya menjawab persoalan persampahan yang kerap kali menjadi tantangan terbesar bagi banyak pihak sebelum dibuang ketempat pembuangan sampah yang ada.

Penyerahan tempat sampah terpilah kepada Pengurus RT Se-RW 01 merupakan pengajuan proposal yang diajukan pada tahun 2020.

Bertempat di Posyandu RW 01, Lurah Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok Sutadi S,Pd, didamping Ketua LPM Usman SE, Kasi Etbang Andi M,Si, Ketua RW 01 Achmad Mauludin, menyerahkan tempat sampah terpilah tersebut kepada sembilan RT yang ada dilingkungan RW 01.

Sebanyak 30 tempat sampah terpilah diserahkan langsung oleh lurah Sutadi S.Pd kepada para ketua RT.

“Pemberian bantuan hibah dari kota Depok merupakan dana yang berasal dari hasil pajak masyarakat, dan pemerintah kota Depok sangat begitu perhatian kepada warganya sehingga hari ini pengurus RW 01 mendapatkan dana hibah yang peruntukannya untuk pembelian tempat sampah terpilah, Saya berharap tempat sampah tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya agar masyarakat bisa memilah sampah sesuai sampah yang ada untuk di buang ketempat sampah,” kata Sutadi.

Sementara ketua LPM Usman mengatakan, dana hibah yang diwujudkan menjadi tempat sampah terpilah yang diberikan kepada warga RW 01adalah hasil pengajuan di musrembang tahun 2020, kedepan pengurus RW 01 bisa dapat mengajukan mesin pencacah sampah terpilah, agar sampah yang ada dilingkungan RW 01 bisa berkurang untuk dibuang ketempat penampungam sampah di Kota Depok

Dalam dalam sambutanya Ketua RW 01 Achmad Mauludin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Depok yang telah merealisasikan pengajuan tempat sampah terpilah, dan kepada Pengurus RT Mauludin berharap para ketua RT bisa menempatkan tempat sampah terpilah tersebut di tempat-tempat yang memang membutuhkan seperti musholah, sekolah, serta posyandu.

Achmad Mauludin uuga berharap tempat sampah tersebut diberi plastic Polybag sebelum ditempatkan sampah, agar tempat sampah yang ada bisa awet dan terjaga kebersihanya, kepada pemerintah kota Depok, Achmad Mauludin berharap ditahun depan bisa mendapatkan dana hibah kembali yang peruntukanya untuk membeli mesin pencacah sampah terpilah agar sampah masyarakat yang ada bisa terolah dahulu di wilayah RW01 sebelum dibuang ketempat sampah di Kota Depok.

Dan Mauludin dalam sambutanya juga memberikan sedikit penjelasan kepada para pengurus RT tentang fungsi dari tempat sampah terpilah tersebut.

“Tong sampah warna hijau tempat sampah organik inilah yang dijadikan bahan pupuk kompos seperti daun-daunan, bekas sayuran, dan lain-lain. Adanya tempat ini dapat mempercepat pembuatan kompos karena sudah dipisahkan dengan anorganik maupun B3.
Tong sampah warna kuning tempat sampah non organik, seperti plastik bekas, gelas bekas air mineral kemasan jenis plastik dan lain-lain. Dengan adanya tempat sampah ini dapat mempermudah pemanfaatannya sebagai kerajinan daur ulang atau didaur ulang di pabrik.
Tong sampah warna merah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), seperti sampah beling, kaca gelas beling, bekas detergen, obat nyamuk dan lain-lain. Dengan adanya tempat sampah ini agar tidak membahayakan bagi orang lain,” jelas Achmad Mauludin.

Sebelum berakhir acara, para pengurus dan Lurah Jatijajar serta LPM berphoto bersama di halaman posyandu RW 01.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *