Sekda: Satu Data Sebagai Modal Pemkot Depok Mengambil Kebijakan

 

Multinewsmagazine.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, membuka kegiatan Peningkatan Kelembagaan Statistik Sektoral Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut, Supian Suri, menyebut perlu adanya penguatan kelembagaan statistik, karena satu data menjadi modal untuk proses pengambilan kebijakan.

“Penguatan kelembagaan statistik jadi penting, karena satu data sebagai modal Pemkot (Pemerintah Kota) Depok mengambil kebijakan,” katanya, usai membuka kegiatan Peningkatan Kelembagaan Statistik Sektoral Pemkot Depok Tahun 2023 di Bumi Wiyata, Rabu (01/03/23).

“Kami apresiasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) karena mengundang kecamatan sampai kelurahan yang menjadi basis sumber data,” lanjut Supian Suri.

Dia menyebut, dengan adanya satu data, kebijakan yang diambil diharapkan bisa lebih efektif dan tepat sasaran juga terukur. Terhadap program-program yang akan dilakukan Pemkot Depok.

“Terkait adanya ketidaksesuaian data yang kami miliki dengan Badan Pusat Statistik (BPS). Kami akan bangun komunikasi, baik dengan BPS juga Diskominfo. Kami lihat lagi metodenya seperti apa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Depok Manto menuturkan, maksud pelaksanaan kegiatan ini untuk melatih Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot Depok terkait dengan tata kelola data statistik sektoral.

Yang dimaksudkan meningkatkan kapasitas kelembagaan, sehingga PD sebagai produsen data dapat menghasilkan data yang akurat dan berkualitas.

“Dalam proses pengumpulan data, produsen data harus dapat berkomitmen dalam menyediakan dan menyampaikan data secara berkala kepada Walidata,” jelasnya.

“Sedangkan Walidata juga perlu untuk secara aktif melakukan koordinasi kepada Produsen data selama proses pengumpulan data. Mudah-mudahan seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *