Chairul Tanjung: Pengusaha Sukses Harus Mampu Beradaptasi Dengan Perubahan Zaman

Multinewsmagazine.com – Prof. Dr. (H.C.). drg. H. Chairul Tanjung, M.B.A., pendiri kelompok perusahaan CT Corp, mengungkapkan bahwa pengusaha atau entrepreneur adalah seseorang yang mampu melihat peluang dan menangkapnya. Menurutnya, seorang pengusaha yang sukses harus memiliki kemampuan melihat perubahan zaman dan membaca masa depan. Hal itu disampaikannya dalam keynote speech Perayaan Dies Natalis ke-63 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) pada Rabu (6/12) di Makara Art Center UI.

“Pengusaha yang sukses harus mampu membaca momentum terhadap perubahan. Ada dua perubahan signifikan yang harus diperhatikan. Perubahan pertama adalah perubahan demografi. Setiap generasi memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga perlu penyesuaian. Ketika zaman berubah, perilaku juga berubah, yang membuat pola bisnis juga berubah. Seseorang yang dapat survive di kehidupan ini bukan yang terpintar atau terkuat, tetapi orang yang paling mampu beradaptasi dan mengikuti perubahan zaman. Siapa yang tidak mau berubah, maka akan dimakan oleh zamannya,” kata Chairul Tanjung.

Perubahan kedua yang harus diantisipasi adalah perubahan teknologi. Menurut Chairul, yang merupakan mahasiswa FKG UI Angkatan 1981, teknologi kedokteran telah melakukan transformasi dan revolusi yang sangat luar biasa dalam hal memajukan kesehatan manusia. Ia menilai perguruan tinggi di Indonesia, khususnya FKG UI sudah sangat maju dalam ilmu dasar kedokteran dan pembentukan keterampilan mahasiswa. Chairul berharap FKG UI dapat terus mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi terbaru dalam proses pengajarannya.

Pengetahuan terkait kewirausahaan tidak hanya diperuntukkan untuk para pengusaha, namun juga berguna bagi seorang dokter gigi. Chairul mengatakan, “Seorang dokter gigi harus memahami prinsip entrepreneurship. Ada dokter gigi yang sukses memiliki puluhan klinik karena mampu melihat peluang, dan tempat prakteknya terang dan strategis. Sementara itu, ada dokter gigi dengan tempat praktek pribadi yang kumuh dan gelap sehingga tidak menarik. Oleh karena itu, FKG UI harus mengajarkan prinsip-prinsip ekonomi karena tidak ada manusia yang bisa terlepas dari prinsip ekonomi.”

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI periode tahun 2014 tersebut mengingatkan bahwa kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seseorang yang ingin sukses harus memiliki kesabaran dalam melewati seluruh proses satu per satu. “Saya melalui proses ini 42 tahun. Mulai dari tidak memiliki pegawai hingga akhirnya jadi konglomerat. Kebanyakan orang hanya melihat ujungnya dan tidak mau melihat prosesnya. Padahal, proses itu penting dan tidak ada kesuksesan yang instan,” ungkap Chairul.

Berkat kesuksesannya sebagai seorang dokter gigi profesional, pengusaha, dan pejabat publik, Chairul Tanjung dianugerahi penghargaan FKG UI Award sebagai “Alumni With the Outstanding Performance”. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dekan FKG UI, Dr. drg. Nia Ayu Ismaniati, MDSc., Sp.Ort(K), dan disaksikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Tenaga Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, drg. Arianti Anaya, MKM serta Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris.

Pada Dies Natalis ke-63 FKG UI ini, turut diberikan pula beberapa penghargaan kepada para dosen dan tenaga pendidik FKG UI. Penghargaan Dosen Berdedikasi diberikan kepada Prof. Dewi Fatma S. Sastradipura, MS.,Ph.D., PBO (Ketua Program Studi S3 FKG UI); Penghargaan Tenaga Pendidik Berdedikasi dianugerahkan kepada Sri Wahyuni (Koordinator Bidang Sumber Daya Manusia); dan Penghargaan Tenaga Admin Berdedikasi Bidang Riset dan Pengmas diberikan kepada Sartilah (Departemen Biologi Oral).

Lebih lanjut, Peneliti Terinovatif dianugerahkan kepada Prof. Dr. drg. Yuniardini Septorini Wimardhani, MSc.Dent.; Peneliti dengan jumlah publikasi jurnal internasional bereputasi terbanyak diraih oleh Prof. drg. Yuniarti Soeroso, Sp.Perio(K).; dan Peneliti dengan jumlah sitasi terbanyak diraih oleh Prof. Dr. drg. Elza Ibrahim, M.Biomed, Sp.OF(K).

Sebagai rangkaian acara Dies Natalis ini, FKG UI mengadakan prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama bidang kedokteran gigi dengan Universitas Pelita Harapan serta penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan RS UI, RS Bhayangkara TK.1 PUSDOKKES Polri, Chung Shan Medical University, dan PT. Alodokter Teknologi Solusi. Turut diadakan pula gelar wicara dengan topik “Dentist as an Entrepreneur” bersama Chairul Tanjung, Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes, drg. Arianti Anaya, MKM (FKG UI 1983) dan Pimpinan Audy Dental, drg. Aynie Yunita, Sp.KG (FKG UI 2002).

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D mengucapkan selamat atas Dies Natalies ke-63 FKG UI. Prof. Ari mengatakan, “63 tahun sudah FKG UI menjadi bagian penting dalam peradaban perkembangan ilmu kedokteran gigi di Indonesia. Berbagai prestasi, inovasi, dan kolaborasi telah berhasil diwujudkan. Salah satunya keberhasilan FKG UI dalam menembus kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi dengan Top 8 Ivy League di Amerika Serikat, yaitu University of Pennsylvania. Ini merupakan sejarah baru bagi UI. Dirgahayu ke-63 tahun FKG UI, jaya dan sukses selalu.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *