Universitas Indonesia Terima Donasi dari Yayasan Daya Bhakti Pendidikan Guna Dukung Tri Dharma Perguruan Tinggi

Multinewsmagazine.com – Dana Abadi Universitas Indonesia (UI) diluncurkan pada 2015 dengan tujuan untuk menghimpun sejumlah dana yang akan dikelola secara khusus, sehingga hasil dari pengelolaan dana tersebut dapat digunakan untuk mendukung Tri Darma Perguruan Tinggi tanpa mengurangi nilai pokok dana tersebut. Dana Abadi menjadi penting karena melaluinya UI dapat mencari pendanaan yang bersifat legal dengan landasan Peraturan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia Nomor 004/Peraturan/MWA-UI/2015 tentang Anggaran Rumah Tangga Universitas Indonesia.

Dana Abadi UI terbuka bagi para donatur dari kalangan sivitas akademika, alumni, stakeholder, dan seluruh masyarakat yang sadar akan pentingnya peran UI dalam konteks pendidikan dan pembangunan nasional. Belum lama ini, donatur atas nama Yayasan Daya Bhakti Pendidikan (YDBP) UI menyerahkan hibah kepada UI sebesar dua miliar rupiah di kantor yayasan tersebut yang terletak di daerah Kebayoran, Jakarta Selatan. Penyerahan hibah Dana Abadi pada 18 Januari 2024 itu dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik Vita Silvira, S.E., MBA, Direktur Direktorat Pengembangan Karir Lulusan dan Hubungan Alumni Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc, Ph.D., Staf Khusus Wakil Rektor bidang SDM dan Aset untuk Endowment Fund Judia Daisy Rina S.E. Dari pihak YDBP UI tampak hadir Anika Faisal (Ketua Yayasan) Ibu Nancy Tjandra Mulyadi (Bendahara Yayasan), Prof Lindawati Gani (anggota Dewan Pembina Yayasan) serta para pengurus lainnya.

YDBP UI adalah yayasan yang dibentuk dari cita-cita Kartini Muljadi dan Prof. dr. Usman Chatib Warsa SpMK, Ph.D (rektor UI ke-12) dengan tujuan untuk mengembangkan pemimpin-pemimpin masa depan yang memiliki karakter baik dan nurani yang jernih. Menurut Anika Faisal, founder dan pengurus, YDBP UI menghibahkan dana dari YDBP kepada Dana Abadi UI mengingat kesamaan visinya, yaitu mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang sosial dan kemanusiaan, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Hibah yang diberikan oleh YDBP UI akan dipergunakan dan dialokasikan sesuai dengan SK Rektor Nomor 935/SK/R/UI/2019 tentang sumber penerimaan dan pemanfaatan Dana Abadi UI.

YDBP UI berdiri sejak 17 Mei 2007. Ia melaksanakan program dengan tujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan karakter mahasiswa yang merupakan calon-calon pemimpin bangsa, serta mengupayakan agar Indonesia di masa mendatang berada di tangan pemimpin yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *