UI DAN SHANGHAI ADVANCED INSTITUTE OF FINANCE – SHANGHAI JIAO TONG UNIVERSITY JAJAKI KERJA SAMA STRATEGIS BIDANG RISET

 

Multinewsmagazine.com – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) melalui Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) UI secara resmi menandatangani Agreement of Implementation (AoI) terkait strategic collaboration dengan Shanghai Advanced Institute of Finance (SAIF), Shanghai Jiao Tong University (SJTU) di Ruang Djokosoetono, Gedung Dekanat FEB UI Depok.

Perjanjian AoI tersebut memuat kesepakatan kolaborasi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Tak terbatas pada aspek tersebut, momentum ini menjadi awal dari serangkaian kerja sama akademik yang dinamis dan berkelanjutan, termasuk research collaboration dan executive education. AoI ini ditandatangani oleh Dekan FEB UI, Teguh Dartanto Ph.D.; Kepala LPEM FEB UI, Chaikal Nuryakin, Ph.D.; Executive Director SAIF SJTU, Tu Guangshao; dan Professor & Executive Director SAIF SEA Center, Hu Jie.

Teguh mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi tonggak penting kerja sama resmi perdana antara FEB UI dengan universitas di China. “Tentu sebuah kehormatan bagi kami bahwa SAIF merupakan business school pertama di China yang berkolaborasi dengan FEB UI. Kampus yang menempati peringkat 51 dunia versi QS World University Rankings ini, sudah terakreditasi Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB). SAIF Master of Finance juga menduduki peringkat nomor dua di Asia dan nomor 17 secara global oleh The Financial Times sejak 2021,” ujarnya.

Sementara itu, Tu Guangshao menyoroti pentingnya menggagas kerja sama antara pemerintah, pelaku bisnis, serta peran aktif dari masyarakat dalam membina hubungan antara Indonesia dan China. Menurutnya, di tengah berkembangnya kerja sama government to government dan business to business, dimensi people to people tak boleh terlupakan. Pihaknya menilai kinerja ekonomi negara-negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), termasuk Indonesia, menunjukkan potensi yang semakin menjanjikan untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Hal tersebut menjadi dasar kuat yang mendorong SAIF berkolaborasi dengan FEB UI dan melibatkan mitra strategis LPEM UI. Kepala LPEM FEB UI, Chaikal Nuryakin berharap terbentuknya kerja sama ini mampu membuka pintu bagi LPEM untuk dikenal di tingkat internasional sebagai pusat penelitian bidang ekonomi dan sosial yang unggul. Dengan demikian, cakrawala gagasan, pemikiran, dan pengaruh LPEM akan semakin luas melalui berbagai kegiatan penelitian, konsultasi, dan pendidikan.

Kolaborasi antara kedua perguruan tinggi ini terinisiasi setelah FEB UI dan LPEM UI diundang untuk menghadiri ‘Seminar on Business Education Cooperation and Forum on Chinese Enterprises Investing in ASEAN’ yang diselenggarakan oleh SAIF SJTU di Shanghai, China, pada 9 – 12 Januari 2024 lalu.

Pada seremoni yang dilaksanakan 25 Januari ini, turut hadir dari pihak FEB UI di antaranya Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Arief Wibisono Lubis, Ph.D.; Kepala Dean Office, Strategic Planning, Evaluation, and Monitoring – International Ranking, Dr. Dyah Setyaningrum; Ketua Departemen Manajemen, Prof. Dr. Irwan Adi Ekaputra, M.M; Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Vid Adrison, S.E., M.A., Ph.D.; Sekretaris Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen, Sri Rahayu Hijrah Hati, M.Si., Ph.D.; dan Ketua Program Studi S1 Akuntansi, Luluk Widyawati, S.E., M.Bus., Ph.D.

Sementara perwakilan LPEM UI yang hadir pada acara ini adalah Associate Director LPEM, Dr. Hera Susanti; Associate Director LPEM, Dr. Mohamad Dian Revindo; dan Associate Director for Research, LPEM FEB UI, Jahen F. Rezki. Dari pihak SAIF SJTU, hadir pula Executive Director SAIF SEA Center, Jakarta Office, Tian Jingjing dan Assistant Director SAIF SEA Center, Wu Ying.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *