UI Sosialisasikan Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2024, Daya Tampung Program Pendidikan Sarjana dan Vokasi Bertambah

Multinewsmagazine.com – Universitas Indonesia (UI) melaksanakan sosialisasi jalur penerimaan mahasiswa baru bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat tahun 2024 di Balai Purnomo Prawiro, Kampus UI Depok, pagi tadi (Rabu, 7/2). Sosialisasi tersebut dihadiri sekitar 500 perwakilan pimpinan sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru Bimbingan Konseling (BK). Tidak hanya berasal dari Jakarta dan sekitarnya, perwakilan pimpinan sekolah dari Semarang, Jawa Tengah juga turut hadir dalam sosialisasi ini.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D. mengatakan, “Tujuan utama kami adalah mengkomunikasikan jalur masuk dan seleksi mahasiswa baru ke UI kepada masyarakat yang sangat berkepentingan, yang terdiri atas sekolah, pimpinan sekolah, para guru, dan tentunya anak-anak calon mahasiswa beserta orangtua dan keluarga. Saya berpesan kepada seluruh calon mahasiswa supaya tidak ragu memilih UI karena UI terus berkomitmen memberikan akses yang ‘adil’ kepada calon mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia dan dari seluruh tingkatan sosial ekonomi.”

Hadir sebagai narasumber, yaitu Sekretaris Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Bekti Cahyo Hidayanto, S.Si., M.Kom., dan Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI, Dr. Gunawan, ST., MT. Jalannya sosialisasi dipimpin oleh Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 62 Tahun 2023, jalur masuk penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), termasuk UI, terbagi menjadi dua skema, yaitu jalur nasional dan jalur mandiri. Untuk jalur nasional, UI menyediakan 50 persen dari total daya tampung, dengan rincian 20 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan 30 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Sementara itu, 50 persen dari total daya tampung UI akan diperebutkan melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri UI terbagi ke dalam dua jalur, yaitu jalur ujian dan jalur tanpa ujian. Jalur ujian UI adalah SIMAK UI, yang terdiri atas SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi, SIMAK untuk Sarjana Kelas Internasional, dan SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Sementara itu, jalur tanpa ujian UI yang dapat ditempuh adalah jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) untuk Sarjana dan Vokasi, jalur Talent Scouting (TS) untuk Sarjana Kelas Internasional, dan Seleksi Jalur Prestasi (SJP) untuk Sarjana.

Pada tahun 2024, UI menambahkan daya tampungnya untuk mengakomodasi lebih banyak calon mahasiswa baru. Kepala PMB UI, Gunawan, mengatakan, “Pada 2024, kami menerima 10.473 calon mahasiswa dari Sarjana dan Vokasi, naik dibandingkan tahun 2023 yang saat itu daya tampungnya 10.159.” Ia menambahkan, dari daya tampung total Sarjana Vokasi tersebut, terdiri atas Sarjana 8.823 dan Vokasi 1.650. Sementara itu, daya tampung total SNBP sebanyak 2.105 dengan rincian Sarjana 1.775 dan Vokasi 330. Lalu, pada jalur SNBT akan menerima sebanyak 3.164 mahasiswa yang terdiri dari 2.666 Sarjana dan 498 Vokasi. Tahun ini, UI mengikutisertakan 64 program studi Sarjana dan 15 program studi Vokasi (9 Diploma III dan 6 Diploma IV).

Saat ini, masa Pengisian Pangkalan Data Sekolah Dan Siswa (PDSS) untuk Seleksi SNBP 2024 bagi sekolah tengah berlangsung dan akan berakhir pada 9 Februari 2024. Selanjutnya, akan disusul oleh Pendaftaran SNBP oleh siswa mulai 14 Februari hingga 28 Februari 2024. UI juga akan segera membuka jalur Talent Scouting pada 28 Februari hingga 22 Maret 2024 untuk Sarjana Kelas Internasional.

Sekretaris SNPMB Bekti menegaskan, “Siswa yang dinyatakan lulus seleksi SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur mandiri di PTN manapun. Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah mendaftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju juga tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024.” Bekti mengimbau calon mahasiswa baru untuk menunggu pengumuman hasil SNBT terlebih dahulu sebelum mendaftar jalur mandiri pada PTN tujuan.

Informasi terkait Pendaftaran Seleksi Nasional dapat dilihat pada tautan snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Sementara informasi terbaru mengenai UI dapat diakses melalui ui.id/penerimaan dan pendaftaran Seleksi Mandiri UI dapat di akses melalui tautan penerimaan.ui.ac.id. Pertanyaan perihal jalur penerimaan mahasiswa baru juga dapat diajukan melalui surel penerimaan@ui.ac.id atau humas-ui@ui.ac.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *