Forum Renja Dinkes Depok Rumuskan Sejumlah Isu Strategi di Tahun 2025

 

Multinewsmagazine.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok akan menjalankan sejumlah isu strategi bidang kesehatan selama tahun 2025. Isu strategis tersebut telah dirumuskan melalui pelaksanaan Forum Rencana Kerja (Renja) Dinkes Tahun 2025 di aula lantai 10 Gedung Dibaleka II, Balai Kota Depok, Senin (26/02/24).

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati menjelaskan, isu strategis yang akan dijalankan yaitu program kesehatan ibu dan anak. Program tersebut dilakukan untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

“Juga akan dilakukan program dalam penurunan stunting yang harapannya dapat mewujudkan zero new stunting melalui intervensi spesifik dan sensitif,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya juga akan melaksanakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Universal Health Coverage (UHC) melalui Rumah Sakit (RS) di Kota Depok. Lalu, menjalankan program terkait pencegahan dan pengendalian penyakit menular serta tidak menular.

Kemudian, juga akan dilakukan program penyehatan lingkungan melalui lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Serta, akuntabilitas pelayanan publik melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan pengaduan publik.

“Kami juga akan melakukan pemenuhan sumberdaya bermutu mulai dari Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDK), alat kesehatan, serta obat,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mary menambahkan, pada tahun 2025 juga akan dilakukan penguatan kemitraan dalam mendukung berbagai program kesehatan. Serta, pengawasan pangan aman yang sehat.

“Dinkes juga akan melakukan pengawasan kesehatan jiwa dan keberlanjutan mutu pelayanan kesehatan dengan penguatan mutu pasca akreditasi dan pengawasan fasilitas kesehatan,” tambahnya.

“Harapannya, peningkatan mutu dan pelayanan kesehatan dapat optimal sebagai upaya peningkatan status kesehatan masyarakat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *