UI DAN PEMERINTAH KABUPATEN NIAS SELATAN SIAP TINGKATKAN SDM DAN POTENSI DAERAH

Multinewsmagazine.com – Universitas Indonesia (UI) dan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan jalin kerja sama yang ditandai dengan penandatangan Kesepakatan Bersama, pada Kamis (21/3), di Ruang Rapat A, Lantai 2, Gedung Pusat Administrasi Universitas, Kampus UI Depok. Penandatangan tersebut diwakili oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA dan Bupati Kabupaten Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. Kerja sama ini nantinya akan mencakup bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Nias Selatan.

Prof. Dedi mengatakan bahwa kolaborasi antara UI dan pemerintah daerah merupakan wujud partisipasi aktif perguruan tinggi dalam membantu pemerintah membangun visi dan misinya. “Selain menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat), kami juga melaksanakan kegiatan strategis dengan mitra pemerintah maupun industri. Kegiatan yang dilakukan, misalnya pelatihan bagi pegawai pemerintahan untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi mereka,” ujar Prof. Dedi.

Menurutnya, UI dapat mendukung pendidikan putra/putri terbaik dari Nias, karena memiliki 14 fakultas, 2 sekolah program pascasarjana, dan 1 program pendidikan vokasi dengan bidang ilmu yang beragam. Mereka dapat memilih bidang ilmu yang sesuai dengan minat masing-masing. Selain itu, UI memiliki puluhan lembaga dan unit kerja khusus yang dapat membantu pemerintah dalam membuat kajian serta kebijakan daerah. Terlebih lagi, Kabupaten Nias Selatan memiliki potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan sebagai dasar pembangunan berkelanjutan.

Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di wilayah Kabupaten Nias Selatan memang tengah menjadi perhatian pemerintah setempat. Bupati Hilarius menilai bahwa upaya pemerataan pendidikan salah satunya dapat ditempuh melalui kerja sama dengan perguruan tinggi. “Ada salah seorang anak daerah dari Kabupaten Nias Selatan yang berhasil masuk ke Fakultas Hukum UI pada 2023. Kami langsung berikan beasiswa sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap upayanya untuk masuk ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak juga membahas rencana penyelenggaraan Education Fair sebagai langkah untuk memperluas akses pendidikan tinggi bagi anak-anak daerah di Kabupaten Nias Selatan. Selain itu, permasalahan seperti mutasi/pindah kerja ke daerah asal yang dihadapi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, akan diatasi melalui pengadaan pelatihan yang pelaksanaannya dibantu oleh lembaga-lembaga terkait dari UI.

Pembahasan terkait detail rencana kerja sama kedua pihak juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa, S.H., M.H.; serta perwakilan dari UI, yakni Direktur Kerjasama, Dr. Toto Pranoto, S.E., M.M.; Kepala Biro Humas dan KIP, Dra. Amelita Lusia, M.Si.; Kepala Sub Direktorat Kerjasama Akademik UI, Dr. Eko Saka Purnama; dan Kepala Sub Direktorat Layanan Kemahasiswaan, Achmad Solechan, S.Si., M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *