UI LAKUKAN UJI COBA INTERNAL HINGGA BERIKAN PENGARAHAN PADA PETUGAS TEKNISI JELANG UTBK—SNBT 2024 GELOMBANG 2

Multinewsmagazine.com- Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 akan dilanjutkan besok (Selasa, 14/5). Dalam pelaksanaan UTBK—SNBT 2024 gelombang 2 yang akan dilaksanakan pada 14—20 Mei 2024, Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu pusat ujian telah melakukan persiapan hari ini (Senin, 13/5), mulai dari uji coba internal hingga memberikan pengarahan terhadap petugas teknisi, baik di Kampus UI Depok maupun di Kampus UI Salemba.

“Demi kelancaran dan keamanan pelaksanaan UTBK 2024 ini, UI telah melakukan berbagai upaya terbaik. Hari ini, UI melakukan uji coba internal yang meliputi pengecekan pada semua komputer ujian, termasuk komputer cadangan. Kemudian, aplikasi ujian peserta dan pengawas juga telah diuji coba agar pelaksanaan ujian gelombang 2 dapat diselenggarakan dengan baik,” ujar Dra. Amelita Lusia, M.Si., Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI. Ia juga menambahkan, pada pelaksanaan seleksi UTBK gelombang 1 di UI sebelumnya, telah berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan tindakan kecurangan yang dilakukan para peserta.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan UI telah melibatkan sekitar 354 orang. Di antaranya 32 orang sebagai Penanggung Jawab Lokasi (PJL) dan Wakil PJL, Admin IT/server 8 orang, pengawas ujian 94 orang, Teknisi IT Ruang 96 orang, keamanan 57 orang, kebersihan 44 orang, dan Tenaga Kesehatan dan Paramedis 23 orang, yang terdiri atas tim Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3L), tim dokter, dan tim ambulans.

Selain perangkat ujian dan petugas, fasilitas serta ruangan juga sudah UI siapkan dengan baik. Di tahun ini, UI telah menyiapkan 57 ruang ujian yang tersebar di 22 titik lokasi Kampus UI Depok dan tujuh titik lokasi di Kampus UI Salemba. Untuk itu, para peserta ujian diimbau harus sudah mengetahui ruang ujian dan lokasi ujian sehari sebelum ujian berlangsung. Diharapkan, para peserta sudah hadir di lokasi satu jam sebelum ujian dimulai. Hal ini dilakukan guna menghindari keterlambatan ataupun salah lokasi yang dapat mengakibatkan peserta gagal mengikuti ujian.

Sementara itu, hal penting lain yang harus para peserta persiapkan adalah kelengkapan berkas-berkas yang perlu dibawa ke lokasi ujian. Dokumen tersebut meliputi Kartu Tanda Peserta Ujian dan Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat yang sudah dilegalisasir atau Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Keterangan sedang duduk di kelas XII dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah atau kartu identitas (asli).

“Dengan segala persiapan yang telah UI lakukan, kami berharap para peserta dapat menjalani ujian dengan nyaman dan lancar sehingga mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga dengan hasil yang terbaik ini, para peserta dapat lulus dan diterima di perguruan tinggi yang diinginkan,” kata Amelita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *