Nilai Tertinggi Lolos Seleksi Nasional UTBK 2024 Camaba Elektro UI, Lolos Bersama 3179 Mahasiswa Baru UI

 

Multinewsmagazine.com – Pada pelaksanaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun ini, Universitas Indonesia (UI) tercatat sebagai perguruan tinggi negeri dengan pendaftar terbanyak, yakni 102.197 peserta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.179 calon mahasiswa baru (camaba) lolos penerimaan masuk UI melalui jalur UTBK—SNBT 2024. Informasi ini disampaikan oleh Tim Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) terkait hasil seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer—Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK—SNBT) 2024 pada (Kamis, 13/6). Salah seorang dari mereka merupakan pendaftar dengan nilai UTBK tertinggi (859,13), yaitu camaba Program Studi Teknik Elektro.

Pada pelaksanaan UTBK tahun ini, Program Studi (Prodi) yang paling diminati di UI didominasi oleh Program Pendidikan Vokasi, yaitu D4 Bisnis Kreatif sebanyak 4.968 pendaftar dan D3 Hubungan Masyarakat sebanyak 4.788 pendaftar. Sementara itu, prodi lain dari rumpun ilmu Sosial Humaniora (Soshum) adalah S1 Ilmu Hukum, yaitu sebanyak 3.883 pendaftar dan dari rumpun ilmu Sains, Teknologi, dan Kesehatan (Saintekes) adalah Pendidikan Dokter, yaitu sebanyak 3.278 pendaftar.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Dirjen Diktiristek RI) Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris menyampaikan bahwa hasil seleksi dapat dilihat langsung melalui laman pengumuman https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Selain itu, peserta juga dapat melihat hasil seleksi melalui laman mirror Perguruan Tinggi Negeri (PTN) https://snbt.ui.ac.id/.

Bagi calon mahasiswa baru UI yang telah mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dapat melakukan pra-registrasi pada laman http://pra-registrasi.ui.ac.id/ pada 14 sampai dengan 23 Juni 2024 dan login dengan memasukkan NPM dan pilihan prodi. Kemudian, mereka akan diminta untuk mengunggah formular dan dokumen yang sesuai. Bagi para calon mahasiswa baru yang tidak melengkapi isian dan dokumen pada laman http://pra-registrasi.ui.ac.id/ dinyatakan tidak meyelesaikan tahap pra-registrasi dan tidak diperkenankan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Republik Indonesia (RI) Nomor 62 Tahun 2023, Pasal 11 ayat 4, calon mahasiswa yang telah diterima pada seleksi nasional berdasarkan tes dan telah mendaftar ulang, tidak dapat diterima pada seleksi secara mandiri oleh PTN, dalam hal ini jika di UI adalah jalur SIMAK UI,” ujar Dra. Amelita Lusia, M.Si., Kepala Biro Humas dan KIP UI.

Ia juga menambahkan, sebelum melakukan pembayaran, UI telah menerapkan kebijakan penetapan besaran biaya pendidikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara berkeadilan yang berdasarkan data dan hasil evaluasi kemampuan bayar penanggung biaya pendidikan. Tahap evaluasi dan penetapan UKT dapat dilakukan setelah menyelesaikan tahapan pra-registrasi.

Calon mahasiwa diwajibkan melakukan pengisian data dan mengunggah berkas yang sesuai pada halaman Sistem Informasi UKT https://ukt.ui.ac.id/. Pengisian data dilakukan secara online dengan periode yang akan diinformasikan lebih lanjut setelah pengisian pra-registrasi. Bagi calon mahasiswa pendaftar program KIP Kuliah, tetap diwajibkan melakukan tahap evaluasi dan penetapan UKT sebagai bagian dari seleksi KIP-K UI.

Selanjutnya, calon mahasiswa baru yang sudah menyelesaikan pra-registrasi dan melakukan pembayaran biaya pendidikan akan diregistrasikan secara otomatis sebagai mahasiswa baru. Username dan password akun Single Sign On (SSO) UI untuk registrasi akademik akan dikirimkan melalui email sesuai data pra-registrasi. Sementara itu, bagi calon mahasiswa baru yang telah mengikuti perkuliahan dan mendapatkan mikro-kredensial melalui program Pre-University (Pre-U), informasi periode pengakuan mikro-kredensial menjadi Satuan Kredit Semester (SKS) akan diinformasikan lebih lanjut melalui halaman https://cil.ui.ac.id/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *