KOOD Sukses gelar Budaya Kearifan Lokal Kota Depok

Prosesi acara pentas seni dan budaya khas Depok dimulai dengan atraksi 'Rebutan Dandang' yang menampilkan para jawara dari perguruan silat yang tergabung dalam wadah Lumbuk Depok dibawah pimpinan bang Nunu.

0
154

Depok~Multi News Magazine (23/12/18) Pagi hari menjelang siang masyarakat Depok mulai berdatangan memadati area sekitar panggung tempat digelarnya beberapa acara seni dan budaya khas Kota Depok yang dihelat oleh komunitas Kumpulan Orang – Orang Depok (KOOD) dengan tema Bocah Depok Ngumpul Lagi di Balaikota Depok

Prosesi acara pentas seni dan budaya khas Depok dimulai dengan atraksi ‘Rebutan Dandang’ yang menampilkan para jawara dari perguruan silat yang tergabung dalam wadah Lumbuk Depok dibawah pimpinan bang Nunu.

Beberapa kegiatan pentas seni betawi ditampilkan dengan kemasan yang sangat apik, seperti atraksi silat dan pertunjukkan seni Lenong Betawi yang disutradarai oleh Nuroji Ketua DKD dengan memasang Walikota Depok Mohammad Idris dan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna sebagai peran utama didampingi oleh beberapa ASN Kota Depok, seperti Kepala BKD Nina Suzana, Camat Sawangan Zaenudin, Lurah Depok Jaya Syaiful Hidayat, Lurah Kukusaan Hasan.

Tujuan digelarnya acara seni dan budaya khas Depok adalah untuk menjalin silaturahmi dan mengangkat kearifan lokal Kota Depok, budaya, bahasa, makanan serta gotong royong yang merupakan ciri khas penduduk Depok dari jaman dahulu.

Sebagai organisasi kemasyarakatan yang telah puluhan tahun berdiri dan kini dibangkitkan lagi, kepengurusan KOOD pun direvitalisasi (diperbaharui).

Guna mempercepat berjalannya roda organisasi, Dewan Sepuh KOOD yang diketuai KH Syihabudin Ahmad mengukuhkan sebanyak 17 nama sebagai Badan Pengurus Harian (BPH) periode 2018-2023. Mereka adalah H Ahmad Dahlan (ketua), Nina Suzana (sekretaris), H Yahman Setiawan (bendahara), H Supian Suri (wakil bendahara), Amiruddin (wakil sekretaris).

KOOD juga memiliki 12 wakil ketua, yaitu Syaiful Hidayat, Naiman, Lamin, H Sanwari, H Jayadi, H Hasan Basri, Jamhurobi, Dede Hidayat, Mohamad HB, H Mursalim, H Ma’sum, Hj Inawati.

Ahmad Dahlan, Selaku Ketua KOOD menegaskan dan berjanji bahwa organisasi yang dipimpinnya hanya fokus mengurus dan mengembangkan dunia seni, budaya dan bahasa Depok saja dan tidak akan bermain diranah politik praktis. Sedangkan Walikota Depok Mohammad Idris sangat mengapresiasi hasil kerja apik dari KOOD dan ke depannya berharap Kota Depok harus mempunyai tempat wisata khas Depok. (Erna Multiningsih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here