Menpar Minta Daerah Aktif Berikan Informasi Wisata kepada Pemudik

0
124

MultiNewsMagazine, Jakarta – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya meminta Dinas Pariwisata Daerah aktif memberikan informasi wisata saat libur mudik Lebaran 2018. Perkiraan membeludaknya wisatawan pada Lebaran tahun ini harus dimanfaatkan oleh dstinasi wisata daerah.

“Saya instruksikan tiap Dinas Pariwisata (Dinpar) agar proaktif memberikan info-info seputar wisata, kuliner, dan event selama libur Lebaran ini, minimal lima news sehari,” kata Menpar dalam acara “Forwapar Ngabuburit Bareng Menpar” di Ayana Mid Plaza Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Menurutnya arus wisatawan mudik dan acara-acara wisata Lebaran sudah merupakan keniscayaan tiap tahun, tanpa dikoordinir pun sudah berjalan. Lebaran tahun ini diperkirakan wisatawannya naik pesat karena waktu libur yang panjang.

[irp posts=”22722″ name=”Arief Yahya: Proximity Dorong Tingkatkan Kerjasama Pariwisata RI-India”]

Kendati pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sempat turun jadi 10 juta saat Ramadhan, ia memperkirakan begitu libur Lebaran wisatawan yang mudik mencapai 20 juta, sehingga periode Ramadhan-Lebaran bisa terjadi pegerakan 30 juta wisnus.

Namun, hal yang belum dimaksimalkan, menurut Menpar, ialah informasi pada wisatawan yang berlibur tersebut, tentang obyek-obyek wisata yang layak di daerah, kuliner yang enak, dan event-event seru apa yang berlangsung di daerah.

Oleh karenanya selain kesiapan infrastruktur yang sudah lama ditekankan, kini Dinpar juga diminta proaktif dalam memberikan informasi wisata kepada para pemudik.

[irp posts=”27651″ name=”5 Destinasi Wisata Favorit Anthony Bourdain”]

“Baik berupa katalog yang dibagikan, informasi di medsos dengan #pesonamudik2018, pokonga guide (petunjuk) untuk pemudik berwisata supaya bisa menaikan pergerakan wisatawan,” ungkap Arief Yahya.

Kegiatan mudik ini masih terpusat di Pulau Jawa dan sekitarnya, sehingga Dinpar yang diinstruksikan pun meliputi Jawa Bali, dan beberapa kota representatif di Sumatera dan Kalimantan.

Ia optimis angka pergerakan wisatawan akan naik pesat tahun ini. Secara langsung, tiap-tiap daerah juga akan naik pendapatannya dari libur Lebaran ini.

Dalam program yang sama (Pesona Mudik 2018) Kemenpar juga akan melakukan kampanye memberikan info-info destinasi wisata, destinasi kuliner, dan event wisata yang masuk ke dalam top 10 di 113 daerah pemudik. Informasi tersebut akan dikemas menarik seperti dalam video, infografis, ataupun tulisan melalui berbagai media digital, termasuk media sosial dalam #pesonamudik2018. Pemerintah (Kemenpar) tahun 2018 menargetkan pergerakan wisnus di Tanah Air sebanyak 270 juta wisnus.


Photo credit : Wisatawan menikmati suasana Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (5/5/2018). Taman nasional yang secara administratif meliputi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang yang ditetapkan sejak 1982 dengan luas wilayah mencapai 50.276,3 hektare itu menjadi salah satu tujuan wisata andalan Indonesia yang dikunjungi wisawatan domestik dan mancanegara. (ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here