banner 728x250

Mitos Wisata Dieng yang Beda dari Daerah Lain

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Wisata Dieng menyimpan berbagai keindahan dan legenda. Ini yang membuat kota ini berbeda dari lainnya. Dieng juga dikenal sebagai Negeri Atas Awan yang merupakan tempat persemayaman para dewa. Banyak mitos yang berseliweran yang menyebar di masyarakat sekitar.

Wilayah yang terkenal dengan kentang dan carica ini akan membuatmu takjub dengan keindahan alam yang tak biasa. Kawah dan berbagai candi yang ada, membuat Dieng wajib untuk dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

8 wisata Dieng yang penuh kisah misteri dan legenda

Tak hanya anak berambut gimbal, masih ada banyak tempat wisata Dieng lainnya yang memiliki kisah melegenda yang dipercaya banyak orang. Kamu bisa menikmati udara dinginnya sambil melihat berbagai destinasi yang menarik.

1.

Telaga Warna yang menyimpan legenda menarik

wisata-dieng

Warna airnya hijau | www.instagram.com

Salah satu destinasi wisata Dieng yang jadi tujuan utama para pengunjung adalah Telaga Warna. Telaga yang airnya kehijauan ini terlihat sangat indah. Apalagi jika dilihat dari dekat dan dari atas bukit di sekitarnya. Untuk harga masuk wisata Dieng ini, kamu perlu membayar Rp15 ribu per kepalanya.

Di balik keindahannya, telaga ini menyimpan kisah cinta antara seorang putri yang cantik dan dua orang ksatria. Oleh sang ratu, dua ksatria ini ditantang untuk membuat telaga untuk menentukan siapa yang pantas menjadi suaminya. Akhirnya, jadilah yang sekarang dikenal sebagai Telaga Menjer dan Telaga Pengilon.

2.

Kawah Sikidang yang instagramable ternyata punya kisah tragis

wisata-dieng

Tiket masuknya murah | www.instagram.com

Kawah Sikidang memiliki legenda yang mirip dengan kisah cinta antara putri dan 2 ksatria di wisata Dieng Telaga Warna. Terletak tidak jauh dari Candi Arjuna, kawah ini konon terbentuk dari tewasnya pangeran Kidang Garung yang dikubur hidup-hidup atas perintah putri.

Legenda ini bermula dari putri jelita bernama Shinta Dewi. Ia hanya mau menikah dengan pria kaya raya. Pangeran Kidang Garung adalah kandidat yang tepat untuk jadi suami sang putri. Sayangnya, pangeran ini memiliki tubuh setengah kijang. Hingga akhirnya, ia dibunuh oleh Shinta Dewi.

3.

Kawah Candradimuka yang bikin Gatotkaca kuat banget

wisata-dieng

Punya legenda yang menarik | www.instagram.com

Ingat tokoh pewayangan yang kuat bernama Gatotkaca? Konon salah satu keluarga Pandawa ini mendapat kekuatan luar biasa tersebut setelah dicelupkan pada salah satu tempat wisata Dieng, yaitu Kawah Candradimuka.

Kawah vulkanik yang letaknya tak jauh dari Kawah Sikidang ini, punya suhu yang tinggi dan kandungan belerang yang tinggi. Ukurannya memang kecil, tapi lebih menantang dan ganas daripada Kawah Sikidang.

4.

Anak berambut gimbal yang dipercaya sebagai titipan Kyai Kolo Dete

wisata-dieng

Anak gimbal asli | www.instagram.com

Saat berada di wisata Dieng, kamu akan melihat beberapa anak berrambut gimbal atau yang disebut anak gembel oleh warga setempat. Rambut gimbal anak-anak ini bukan karena keturunan atau di-treatment salon. Kemunculannya tiba-tiba saat masih balita dan akan dipotong di upacara khusus saat remaja.

Konon, anak-anak ini adalah titipan Kyai Kolo Dete yang pada abad ke-14 diberi amanah menyebarkan Islam di daerah Dieng. Ia diberi mandat untuk membuat masyarakat Dieng sejahtera dan anak rambut gimbal adalah indikator keberhasilannya.

5.

Dieng “bersalju” pada waktu tertentu

wisata-dieng

Berasa di luar negeri | www.instagram.com

Bisa bayangkan bagaimana dinginnya daerah Dieng hingga muncul salju di sana? Wilayah dataran tinggi pada Agustus lalu, suhunya bisa mencapai 0 derajat Celcius. Embunnya berubah menjadi butiran es.

Kamu yang penasaran dengan suasana musim dingin di Dieng, bisa mampir dan menginap di sana agar pagi harinya bisa melihat “salju”.

6.

Sembunga, desa tertinggi di Pulau Jawa yang sangat eksotis

wisata-dieng

Desa tertinggi di Jawa | www.instagram.com

Jangan kaget kalau wisata Dieng disebut sebagai Negeri Atas Awan. Lokasi desa ini memang terbilang tinggi. Desa Sembungan terletak di ketinggian 2.306 mdpl dan jadi desa tertinggi di Pulau Jawa.

Kalau ingin melihat matahari terbit, di sinilah tempatnya. Matahari akan terlihat sangat indah jika dilihat dari Bukit Sikunir. Jangan lupa pakai pakaian tebal dan persiapan yang matang, udaranya yang dingin bakalan menusuk kulitmu.

7.

Goa Pengantin dan goa lainnya di sekitar Telaga Warna

wisata-dieng

Banyak yang meminta jodoh | www.instagram.com

Konon, Dieng adalah tempat persemayaman para dewa karena memiliki banyak goa. Ini yang menjadikan goa ini menyimpan cerita mistis. Salah satu yang paling sering dikunjungi adalah Goa Pengantin atau yang lebih sering disebut sebagai Couple Cave.

Goa yang terletak di sekitar Telaga Sarangan ini katanya bisa mendatangkan jodoh sehingga ramai dikunjungi para pengunjung yang menantikan pasangan. Untuk mendapatkan jodoh tidaklah mudah. Kamu harus bertapa di dalam gunung dengan berbagai syarat dan sesaji. Sudah siap?

8.

Carica, buah khas yang cuma ada di Dieng

wisata-dieng

Pepaya mengkal | www.instagram.com

Sekilas, carica terlihat seperti pepaya. Tapi setelah dimakan, kamu pasti akan kaget dengan rasanya yang khas dan unik. Pohon carica cuma bisa tumbuh di kawasan yang ketinggiannya mencapai 1.500-3.000 mdpl. Dieng adalah tempat yang tepat.

Uniknya, jika pohon ini ditanam pada ketinggian di bawah itu akan berubah menjadi pohon pepaya biasa. Maka dari itu, kamu harus ke Dieng jika benar-benar ingin membeli dan mencoba carica.

Artikel Lainnya



[ad_2]

Source link

banner 728x90
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *