Pemerintah Kota Depok Akan Penuhi Target 30 Persen RTH

“Pembangunan 10 taman setiap tahunnya. DLHK berharap pada 2021 sudah terbangun 148 taman lagi di 42 kelurahan yang belum memiliki taman,”

0
249

Depok ~ Multi News Magazine, Untuk memenuhi target, Pemerintah Kota Depok tidak becanda dalam memenuhui 30 persen ruang terbuka hijau (RTH). Terbukti, saat ini sudah ada 106 taman di kelurahan dan RW. Nah, tiap tahunnya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) membangun 10 taman di kelurahan se-Depok.

“Pembangunan 10 taman setiap tahunnya. DLHK berharap pada 2021 sudah terbangun 148 taman lagi di 42 kelurahan yang belum memiliki taman,” kata Sekretaris DLHK Depok Dewi Retno Utami, kepada wartawan, Rabu (28/02/2018).

Menurut Dewi, saat ini Kota Depok baru memiliki 105 taman yang berada di 21 dari 63 kelurahan di Kota Depok. Taman tersebut merupakan taman kelurahan maupun taman RW. “Tentu kami berupaya mengejar ketersediaan RTH,” terang Dewi.

Menurut dia, DLHK Depok hanya menata RTH di Depok lingkungan untuk membuat lebih indah dan nyaman. “Untuk perluasan RTH ada di DPUPR dan Disrumkim Depok, kita saling koordinasi dengan OPD lain,” tuturnya.

Terkait pemenuhan RTH 30 persen kata Dewi, dilaksanakan secara bertahap. Tentunya diperlukan kerjasama, dan berkoordinasi dengan beberapa perangkat daerah seperti, DPUPR, DLHK, Disrumkim, DPMPTSP, dan Satpol PP Depok. Mulai dari perijinan, pengendalian pemanfaatan ruang.

Perencanaan, pengadaan lahan, penataan RTH, pengawasan, monitoring dan eval. Dan juga perlu didukungan dan partisipasi dari masyarakat untuk capai RTH 30 persen mendirikan dari RTH publik dan RTH privat. “Kami sangat serius mencapai 30 persen RTH,” katanya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + 18 =