Puluhan Tahun Tutupi Pelecehan Seksual Anak, Uskup Agung Ini Diganti Oleh Paus

0
111

Telegraf, Roma – Paus Fransiskus mengganti untuk sementara Philip Wilson, Uskup Agung Adelaide, dari Australia yang telah menutupi kasus pelecehan seksual anak oleh seorang pastor pada tahun 1970-an silam.

Melalui pernyataannya pada Minggu (03/06/18), Paus Fransiskus mengatakan bahwa posisi Wilson akan digantikan sementara oleh Greg O’Kelly yang kini menjabat sebagai Uskup Port Pirie.

Pernyataan tersebut dilansir sebulan setelah Wilson mengundurkan diri pada 23 Mei yang lalu, sehari usai dinyatakan bersalah menutupi kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh pastor James Fletcher terhadap seorang putra altar pada 1970-an silam.

Dalam pembelaannya, tim pengacara Wilson berargumen bahwa pelecehan seksual tak dianggap sebagai kejahatan serius pada medio 1970-an sehingga tak perlu dilaporkan ke pihak yang berwenang.

“Jika pada satu masa penting bagi saya untuk mengambil langkah resmi, termasuk mengundurkan diri sebagai uskup agung, saya akan melakukannya.” adalah pernyataan dari Wilson di tengah proses peradilan.

Wilson adalah pejabat Katolik paling tinggi yang terseret dalam skandal pelecehan seksual global di Vatikan. Kasus pelecehan seksual para pastor terhadap anak binaannya yang sudah terjadi selama puluhan tahun ini pertama kali diungkap kepada publik melalui laporan Boston Globe pada 2002.

Saat itu, Keuskupan Boston dilaporkan memindahkan para pendeta pelaku pelecehan ke berbagai tempat untuk melindungi mereka dan menutupi kasus itu.

Sejak saat itu, ratusan korban dan skandal terungkap di AS dan berbagai negara lainnya, penyelidikan global juga dimulai. 

Konferensi Uskup Katolik AS memperkirakan Keuskupan Amerika telah merogoh kocek hampir US$4 miliar sejak tahun 1950 untuk menyelesaikan kasus pelecehan seksual dengan para korban.

Laporan Boston Globe tersebut pun memenangkan Penghargaan Pulitzer dan menginspirasi sebuah film peraih Academy Awards, yaitu Spotlight.(Red)


Photo Credit : Paus Fransiskus mengganti sementara Philip Wilson, Uskup Agung Adelaide. GETTY IMAGES/Franco Origlia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here