Salah Satu Alat Ukur Profesiolisme Jurnalis Adalah Uji Kompetensi Wartawan (UKW)

0
54

 

Multi News Magazine (28/11/2019) Walau sempat molor  satu jam dari waktu yang telah ditentukan, acara Media Gathering yang diselenggarakan oleh Diskominfo Kota Depok sukses digelar. Dengan mengusung tema Optimalisasi dan Sinergitas Jurnalis Bersama Forkopimda Dalam Publikasi Pembangunan Kota Depok,  tercatat hampir dua ratus lebih insan media yang hadir untuk memeriahkan acara media gathering yang mememakai dana APBD Kota Depok ini. Sayangnya, kehadiran dua ratus lebih insan pers ini tidak diimbangi dengan hadirnya para narasumber dan para tamu undangan penting yang berhalangan hadir.

Sidik Mulyono selaku Kepala Diskominfo Kota Depok dalam salah satu kata sambutannya, “Saya berharap dengan sinergitas yang sudah terjalin ini, quality time pelayanan publik dapat terus ditingkatkan dan prioritas komunikasi dengan para jurnalis dapat terus ditingkatkan, dan di sisi lain, Kami berharap para jurnalis dapat terus meningkatkan kemampuan dan mengasah keahlian dibidang jurnalismenya demi untuk profesionalisme dan proporsionalitas. Demi merefleksikan arahan dari Dewan Pers, sebagai salah satu alat ukur profesionalisme seorang jurnalis adalah UKW  (Uji Kompetensi Wartawan) demi untuk mendapatkan sertivikasi. Dan sesuai arahan Dewan Pers pula, masing-masing media melengkapi legal standing perusahaannya  sesuai dengan ijin usaha bidang pers yang berbentuk PT.”

Acara Media Gathering yang bertempat di Gedong Ijo jalan Cinangka, Bojongsari ini merupakan even media gathering ketiga kalinya yang diselenggarakan oleh Diskominfo Kota Depok sejak Sidik Mulyono menjabat sebagai Kadis Kominfo Kota Depok. Kemeriahan acara Media Gathering tahun 2019 ini diwarnai oleh  hadirnya ‘wajah-wajah asing’ yang mengaku dirinya wartawan yang ikut menikmati fasilitas dana APBD Pemerintah Kota Depok dalam acara ini, walau nama mereka tidak terdapat sebagai tamu undangan yang dibuat oleh Diskominfo Kota Depok. Hal ini menimbulkan keprihatinan dan kekecewaan beberapa insan pers Kota Depok yang selama ini aktif meliput kegiatan Pemerintah Kota Depok. Dan hal ini dikhawatirkan akan merusak citra baik yang selama ini selalu dijaga oleh para insan pers Kota Depok. Butuh sikap tegas pihak Diskominfo untuk mencegah terus menjamurnya eksistensi para ‘wajah-wajah asing’ ini. (Erna Multiningsih)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + eleven =