banner 728x250

Ukuran Foto yang Pas di Instagram

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Instagram saat ini menjadi salah satu platform media sosial paling digandrungi sejagat raya. Aplikasi tersebut mengedepankan photo sharing di mana setiap penggunanya dapat membagikan berbagai foto di akun masing-masing.

Tidak hanya foto, pengguna pun juga bisa membagikan video yang kemudian dapat dilihat oleh pengguna lain di luar sana. Selain itu, ada Instagram story yang membuatmu bisa membagikan foto dan video yang hanya bertahan selama 24 jam seperti Snapchat.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu ukuran foto yang pas untuk Instagram. Berikut ini adalah penjelasan mengenai hal tersebut, supaya feeds lebih aesthetic kalau kata kaum milenial.

Profil Instagram | www.freepik.com

Setiap pengguna memiliki halamannya sendiri di Instagram. Halaman tersebut umumnya diisi oleh beragam post yang terdiri dari foto dan video. Selain itu, berbagai konten lain pun juga bisa diisi foto maupun video, seperti halnya Instagram Story.

Sebelum mulai memasukkan beragam foto dan video di halaman IG, tentu kamu perlu memasang foto profil supaya pengguna lain bisa mengidentifikasikan dirimu dengan mudah. Ukuran foto profil Instagram sendiri tidak terlalu tricky jika dibandingkan dengan foto yang akan dimasukkan di post.

Baca juga: Template Bingo Instagram Challenge yang Seru dan Populer

Berikut adalah beragam ukuran foto di Instagram yang bisa dijadikan sebagai foto profil:

  • 110 px x 110 px
  • 128 px x 128 px
  • 161 px x 161 px
  • 180 px x 180 px
  • 256 px x 256 px
  • 512 px x 512 px
  • 1024 px x 1024 px
  • 1080 px x 1080 px

Jika perhatikan ukuran foto Instagram di atas, terlihat bahwa panjang dan lebarnya sama. Jadi, apabila ingin mengunggah foto profil, pastikan rasionya 1:1. Akan tetapi, kamu tetap bisa memasukkan foto profil dengan ukuran foto untuk Instagram yang sesuai dengan deretan resolusi di atas walaupun hasilnya pasti tidak akan sebagus aslinya.

Baca juga: Panduan Ukuran Story Instagram, Demi Konten Instastory yang Makin Menarik

Ketika sudah selesai memasang foto profil yang sesuai dengan keinginanmu, inilah saatnya untuk memahami ukuran foto yang pas untuk Instagram selanjutnya. Ada tiga jenis foto yang bisa kamu masukkan dalam IG, yaitu sebagai berikut.

  • Jika ingin mengunggah foto square, maka ukuran yang tepat adalah menggunakan rasio 1:1 dengan maksimum resolusi 2048 px x 2048 px. Ukuran foto Instagram CM tersebut menjadi 54,18 cm x 54,18 cm
  • Apabila ingin memasukkan foto landscape, aspect ratio yang sesuai adalah 16:9, dengan resolusi optimalnya adalah 1920 px x 1080 px
  • Jika foto portrait yang ingin dipasang di feed, gunakan foto dengan rasio 9:16. Jadi, aspect ratio ini berkebalikan dengan versi landscape

Baca juga: Aplikasi Kolase Foto Terbaik untuk Story Instagram

Cara Memasang Foto Instagram Agar Tidak Terpotong

ukuran foto instagram

Memasang Foto Instagram | www.rawpixel.com

Setelah memahami berbagai ukuran foto Instagram, langkah selanjutnya adalah cara memasang foto IG di feeds. Ikuti langkah berikut ini supaya foto dan video yang akan diunggah tidak terpotong.

  • Buka aplikasi Instagram di perangkat
  • Di halaman depan, tekan tombol + yang terletak di tengah bawah
  • Pilih foto yang ingin di-upload di feeds. Apabila ingin mengunggah foto jepretan yang baru, tekan Photo. Jika video yang kamu ingin masukkan, tekan Video
  • Setelah foto berhasil dipilih atau diambil, kamu bisa mengaplikasikan berbagai Filter yang mengubah nuansa warna dari media yang akan diunggah. Apabila tidak cocok dan ingin yang lebih sesuai dengan keinginan, gunakan opsi Edit yang memungkinkanmu mengutak-atik foto. Ada beberapa pilihan yang bisa diterapkan, seperti brightness, contrast, saturation, color, warmth, dan lain sebagainya
  • Apabila sudah selesai, tekan tombol Next yang terletak di ujung kanan atas
  • Setelah itu, masukkan berbagai hal yang menunjang foto kamu, seperti caption yang menarik, tag ke pengguna lain, dan juga lokasi foto. Jika ingin fotomu tersebar di platform media sosial lain, klik toggle di sebelah nama platform yang bersangkutan, seperti Facebook, Twitter, dan Tumblr

Baca juga: Aplikasi Unfollow Instagram Secara Massal

Ukuran IGTV Terupdate

ukuran foto instagram

Instagram TV | isfollowersforinstagramappsafe.blogspot.com

Instagram tidak lama ini meluncurkan salah satu fitur baru, yang dinamakan dengan Instagram TV atau disingkat dengan IGTV. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat membagikan berbagai video mengenai apapun dengan durasi yang lebih panjang dibandingkan dengan video di feeds biasa maupun Instastory.

Seperti halnya ukuran foto Instagram, IGTV memiliki ukurannya yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Secara default, aspect ratio yang bisa diterapkan pada video di IGTV adalah 9:16 untuk mode portrait dengan resolusi optimal 1080 px x 1920 px. Selain itu, aspect ratio 16:9 dapat pula kamu pakai untuk video dengan format landscape, resolusi optimalnya sendiri berkisar antara 1920 px x 1080 px.

Baca juga: Cara Memperbanyak Like di Instagram dengan dan Tanpa Aplikasi

Ukuran Story Instagram yang Pas

ukuran foto instagram

Instagram Story | buffer.com

Sebelum hadirnya IGTV, ada satu fitur yang lebih menyita perhatian para pengguna internet dunia pada platform photo sharing ini. Fitur tersebut dinamakan dengan Instagram Story, yang lebih populer dengan sebutan Instastory. Walaupun fitur serupa muncul terlebih dahulu di Snapchat, nyatanya fitur dari Instagram tersebut jauh lebih populer bagi para netizen.

Baca juga: Inspirasi dan Tips Mengatur Feed Instagram yang Keren dan Aesthetic

Seperti konten lainnya di Instagram, Instagram Story ini juga memiliki ukurannya sendiri, yang tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan ukuran foto Instagram. Ukuran dasar yang dimuat tersebut memiliki aspect ratio 16:9 atau 18:9 yang menyesuaikan dengan perangkat pengguna. Jangan khawatir, kamu tidak perlu ribet mengutak-atik ukuran dari story yang diunggah karena IG akan menyesuaikannya secara otomatis.

Namun, ada beberapa penyesuaian yang muncul jika ingin menyaksikan Instagram Story dengan aspect ratio yang tidak sesuai dengan layar perangkat. Apabila aspect ratio terlalu panjang, konten akan terpotong dengan sendirinya di bagian pinggir. Jika sebaliknya, akan ada bingkai hitam yang menyelubungi konten tersebut.

Artikel Lainnya

[ad_2]

Source link

banner 728x90
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *