banner 728x250

Wisata Pendidikan yang Cocok Jadi Tempat Study Tour

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Saat kecil, kamu pasti pernah ‘kan mengikuti wisata pendidikan atau study tour yang diadakan oleh sekolah? Wisata ini nggak sekadar senang-senang, tapi bertujuan untuk memperluas pengetahuanmu dengan datang langsung ke tempatnya.

Ada berbagai wisata pendidikan yang bisa dikunjungi, salah satu yang paling populer tentu saja museum. Sekarang, wisata pendidikan berkutat di situ-situ. Ada banyak tempat yang bisa membuat anak-anak lebih antusias dalam belajar.

7 wisata pendidikan di Jakarta paling populer

Jika tujuanmu adalah Jakarta, deretan tempat wisata pendidikan ini harus banget dikunjungi. Nggak membosankan sama sekali, kamu justru akan menemukan pengalaman yang tak terlupakan.

1.

Melihat berbagai miniatur rumah adat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

wisata-pendidikan

Ada banyak miniatur rumah adat | www.instagram.com

Taman Mini Indonesia Indah atau lebih sering disebut TMII adalah wisata pendidikan yang sangat menyenangkan. Berbagai replika rumah adat yang ada di sini membuatmu bisa berkeliling Indonesia hanya dalam waktu singkat.

Setiap provinsi terdapat anjungannya masing-masing. Di sana lengkap adanya dengan rumah adat, pakaian adat, alat musik, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa bermain di berbagai wahana yang menyenangkan seperti kereta gantung.

2.

Menikmati suasana Jakarta tempo dulu di Kota Tua

wisata-pendidikan

Banyak hiburan di halaman depan | www.instagram.com

Bukan hanya sebagai tempat berkumpul dan bersantai warga Jakarta, di kawasan Kota Tua juga terdapat berbagai macam museum yang bisa dikunjungi. Wisata edukasi Jakarta ini menyuguhkan pengetahuan dan sejarah yang paling lengkap.

Kamu bisa melihat kejayaan Batavia tempo dulu sekaligus belajar tentang berbagai hal. Di sini, ada lima museum yang worth-it untuk dikunjungi. Ada Museum Bank Mandiri, Museum Wayang, Museum Fatahillah, Bank Indonesia, dan Museum Seni Rupa dan Keramik Indonesia yang bisa kamu kunjungi.

3.

Belajar tentang tata surya dan seisinya di Planetarium

wisata-pendidikan

Bisa melihat bintang di langit | www.instagram.com

Wisata pendidikan favorit yang sering jadi tujuan study tour anak sekolah adalah Planetarium. Berada di Taman Ismail Jakarta, Planetarium berisi berbagai macam informasi tentang benda, langit, tata surya, dan peristiwa yang ada di luar angkasa.

Terdapat museum dan diorama yang membuatmu mengenal lebih dekat ilmu astronomi. Selain itu, kamu juga bisa mengobservasi benda langit secara langsung dengan teropong yang ada atau menonton pertunjukan di Teater Bintang.

4.

Monas, ikon kota Jakarta yang wajib dikunjungi

wisata-pendidikan

Bisa melihat pemandangan Jakarta dari atas | www.instagram.com

Bisa dibilang, Monas atau Monumen Nasional adalah wisata edukasi terbaik karena mengajarkan kita tentang nasionalisme. Tingginya mencapai 132 meter yang digunakan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari Hindia Belanda.

Kini, Monas jadi tempat wisata yang bisa didatangi oleh siapa saja yang menyuguhkan berbagai wisata edukasi seperti Museum Sejarah Nasional di lantai dasarnya. Di sini, terdapat berbagai diorama yang memperlihatkan Indonesia sejak zaman prasejarah hingga Orde Baru.

5.

Mengenal berbagai binatang di Kebun Binatang Ragunan

wisata-pendidikan

Melihat binatang | www.instagram.com

Mengenal berbagai macam binatang bisa mampir ke Kebun Binatang Ragunan yang berada di daerah Pasar Minggi. Di sini, anak akan diajak melihat berbagai satwa dan berinteraksi dengan mereka secara langsung.

Untuk masalah keamanan kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak petugas dan pawang hewan yang berjaga di setiap kandangnya. Kebun binatang ini buka setiap hari mulai dari pukul 7 hingga 16 WIB.

6.

Belajar menjadi profesi tertentu di Kidzania Jakarta

wisata-pendidikan

Tempat mengenal profesi | www.instagram.com

Wisata pendidikan yang seru dan bisa membuat anak-anak mengenal berbagai profesi adalah Kidzania Jakarta. Terletak di Sudirman Central Business District, anak-anak akan diajari merasakan langsung menjadi profesi yang akan mereka jalani di masa depan.

Nggak cuma guru, pilot, atau polisi, tempat ini mengenalkan profesi yang lebih kompleks sesuai dengan perkembangan zaman. Ada 4 area utama yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan masing-masing, yaitu Airport, Pusat Kota, Pinggiran Kota, dan Area Balita untuk anak-anak yang usianya masih di bawah 4 tahun.

7.

Sea World Ancol, akuarium raksasa untuk melihat berbagai macam ikan

wisata-pendidikan

Melihat ikan di akuarium raksasa | www.instagram.com

Satu lagi tempat seru yang bisa menghibur sekaligus mengedukasi tentang berbagai macam biota laut. Di Sea World Ancol kamu bisa melihat berbagai macam ikan yang hidup di dalam akuarium raksasa tanpa takut kebasahan.

Di sini, kamu akan disuguhkan 4.000 jenis hewan laut dan 300 spesies hiu. Beberapa pertunjukkan khusus juga bisa kamu saksikan pada jam-jam tertentu. Kamu akan merasakan suasana seperti di bawah laut karena bentuk akuariumnya berupa terowongan dengan kaca bening yang tebal.

Artikel Lainnya



[ad_2]

Source link

banner 728x90
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *