banner 728x250

Wisata Sungai Eksotis Indonesia yang Masih Jarang Dikunjungi

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Selain pantai dan laut, kamu bisa memasukkan wisata sungai sebagai alternatif liburan yang berbau dengan air. Di Indonesia yang menyimpan banyak kekayaan alam, terdapat beberapa sungai yang eksotis, indah, dan masih jarang dikunjungi.

Jangan remehkan keindahan sungai, di sini kamu bisa melihat pepohonan dan juga bebatuan yang terlihat seperti lukisan. Yang paling penting, kamu bisa bermain air sepuasnya tanpa harus takut gosong, karena pohon di sekitarnya akan melindungimu dari sengatan sinar matahari.

7 wisata sungai di Indonesia yang eksotis dan jarang dikunjungi

Ada banyak wisata sungai yang tersebar di berbagai pulau yang ada di Indonesia. Berikut rekomendasi sungai yang masih perawan dan belum sering dijamah manusia. Tertarik untuk mengunjunginya?

1.

Sungai Maron yang disebut sebagai Amazon-nya Pacitan

wisata sungai

Amazon-nya Pacitan | www.instagram.com

Saat berada di daerah Pacitan, Jawa Timur, jangan lewatkan wisata sungai yang indahnya seperti Sungai Amazon yang terkenal di dunia. Aliran sungai yang tenang ini bisa membuat pikiran jadi fresh kembali.

Ditambah dengan pepohonan di sekitarnya yang membuat sungai jadi lebih rindang. Untuk menikmati keindahan alamnya, kamu bisa menyewa perahu dan menyusuri sungai dari ujung ke ujung.

2.

Kalibiru, Papua yang sangat memukau

wisata sungai

Airnya biru dan jernih | www.instagram.com

Tidak perlu kaget kalau Kalibiru disebut sebagai wisata sungai terbaik dengan pemandangan luar biasanya. Berada di tengah hutan, kamu seakan berada di surga tersembunyi dengan air biru yang mengalir di bawah kakimu.

Dinamai Kalibiru karena memang air sungainya berwarna biru cerah yang sangat kontras dengan pemandangan di sekelilingnya. Tempat ini sudah jadi salah satu wisata kekinian di Papua Barat yang nggak boleh dilewatkan.

3.

Menyusuri Green Canyon-nya Indonesia di Cukang Taneuh, Pangandaran

wisata sungai

Green Canyon Indonesia | www.instagram.com

Kalau sedang berada di Pangandaran, kamu bisa mampir ke wisata sungai Cukang Taneuh atau yang lebih dikenal sebagai Green Canyon. Disebut demikian, karena bentuknya yang mirip dengan Green Canyon yang ada di Amerika.

Airnya berwarna hijau kebiruan, dikelilingi oleh tebing tinggi sehingga terlihat eksotis. Di sini, kamu bisa menyusuri sungai dengan naik perahu atau melakukan body rafting yang sangat seru dan juga menantang.

4.

Sungai Tamborasi, Sulawesi Tenggara jadi sungai terpendek di Indonesia

wisata sungai

Sungai terpendek di Indonesia | www.instagram.com

Salah satu wisata sungai eksotis di Sulawesi Tenggara ini jadi yang terpendek di Indonesia. Sungai Tamborasi memang tidak terlalu panjang, hanya sekitar 20 meter dengan lebar 15 meter. Ini alasan kenapa Tamborasi disebut sebagai sungai terpendek di Indonesia.

Arusnya yang tenang dengan pepohonan hijau yang menyejukkan, membuat sungai ini jadi favorit banyak orang. Pengunjung bisa berfoto dan berenang di pinggiran sungai dengan airnya yang segar.Aapalagi saat siang hari yang terik.

5.

Sungai Niyama, Tulungagung yang indahnya bak lukisan

wisata sungai

Bak lukisan | www.instagram.com

Saat berada di sana, kamu akan merasa sedang berada di dalam lukisan karena pemandangannya sangat indah. Berada di Desa Tumpak, Sungai Niyama dialiri air jernih dengan batuan kapur yang ada di sekelilingnya.

Dari pusat kota, jaraknya tidak terlalu jauh. Sekitar 30 kilometer saja atau sekitar 45 menit jika ditempuh dengan mobil. Kini tempat ini jadi favorit para muda-mudi untuk mengambil swafoto. Memang pemandangannya indah, tentu akan dihinggapi oleh banyak orang.

6.

Susur Sungai Sekonyer sambil melihat orangutan di habitat aslinya

wisata sungai

Berada di Taman Nasional Tanjung Puting | www.instagram.com

Selain bisa menikmati wisata sungai, di sini kamu juga bisa melihat orangutan di habitat aslinya. Berada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, Sungai Sekonyer masih terlindungi dan terjaga keasriannya.

Ombak di Sungai Sekonyer cukup tenang, kapal yang digunakan untuk menyusuri juga cukup besar, tidak perlu takut tenggelam saat menaikinya. Uniknya, saat melewati Simpang Kanan Camp Leakey, kamu bisa melihat perubahan warna air yang tadinya kecoklatan jadi hitam karena pembusukan akar pohon jutaan tahun lalu.

7.

Menyusuri Kali Cokel, Pacitan dengan perahu kecil

wisata sungai

Seperti di dalam film | www.instagram.com

Pacitan memiliki wisata sungai lainnya yang tak kalah keren dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Letaknya juga nggak jauh dari Sungai Maron, hanya sekitar 26 km saja. Kamu bisa sekalian mampir jika sedang berada di kawasan ini.

Saat berada di Kali Cokel, pengunjung bisa menikmati rindanganya pepohonan yang berada di kanan kirinya dengan naik perahu kecil. Sungainya yang tenang membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Artikel Lainnya



[ad_2]

Source link

banner 728x90
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *