Ingin Membentuk Keluarga-keluarga yang Produktif, DPAPMK Kota Depok Telah Membentuk 126 Kampung KB

 

Multinewsmagazine.com (29/01/2021) – Pihak Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok bertekad mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kota Depok. Kampung KB yang sebelumnya lebih dikenal Kampung Keluarga Berencana tersebut saat ini telah terbentuk di sejumlah Rukun Warga (RW).

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, perubahan nama Kampung KB baru dicetuskan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat akhir tahun lalu. Dengan menjadikan pembangunan keluarga sebagai prioritas melalui program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Banggakencana).

“Jadi sekarang program BKKBN adalah Banggakencana. Pembangunan keluarga yang diutamakan,” ujar Nessi Annisa Handari, Kamis (28/01/21).

Nessi menyebutkan, saat ini di Kota Depok telah terbentuk sebanyak 126 Kampung KB. Seluruhnya sudah disahkan melalui Surat Keputusan (SK) Wali Kota Depok.

“Kampung KB ini tersebar di beberapa RW,” ucapnya.

Kampung KB ini juga sejalan dengan delapan fungsi keluarga. Yaitu fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, ekonomi, sosial budaya, reproduksi, pendidikan, lingkungan.

Selain itu, lanjutnya, terdapat kelompok kegiatan yang siap mendukung program Kampung KB. Antara lain Kelompok Pusat Infomasi dan Konseling Remaja (PIKR), Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL).

“Jadi, kita ingin membentuk keluarga-keluarga yang lebih produktif lagi, sehingga permasalahan dapat diselesaikan di sana,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *