Sapa Bunda Episode 13 : Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Tiada

 

Multinewsmagazine.com (15/4/2022) – Sapa Bunda (Setiap Pagi Berbagi Ilmu di Bulan Ramadhan) pada episode 13 membahas tentang Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Tiada.

Bunda Elly mengatakan, Ada Enam hal yang bisa kita lakukan sebagai bentuk bakti kepada orang tua yang telah meninggal berdua, atau salah satunya yang telah meninggal dunia.

“Mendokan kedua orang tua, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, banyak meminta ampun kepada Allah untuk kedua orang tua, menjalin hubungan silaturahim dengan keluarga dekat keduanya yang tidak pernah terjalin, memuliakan teman dekat keduanya, dan bersedekah atas nama orang tua yang telah tiada,” kata Bunda Elly Farida.

Bunda Elly menjelaskan, Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu’ anhuma, ia berkata, “Sesungguhnya ibu dari Sa’ad bin ‘ubadah radhiyalluahu’anhu meninggal dunia. Sedangkan Sa’ad pada saat itu tidak berada di sisinya. Kemudian Sa’ad mengatakan, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku saat itu tidak berada di sampingnya, apakah bermanfaat jika aku menyedekahkan sesuatu untuknya ?” Nabi Shallallu ‘alaihi Wassalam menjawab, “Iya bermanfaat.” Kemudian Sa’ad mengatakan (pada Rasul), Kalo begitu aku akan bersaksi padaMu bahwa kebun yang siap berbuah ini akan aku sedekahkan untuknya,” (HR Bukhari).

Lebih lanjut bunda Elly menambahkan, Dan dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi, ia berkata, “Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasullullah SAW, ketika itu ada datang seorang dari Bani Salimah ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk bakti kepada kedua orang tua ketika mereka telah tiada ?” Nabi SAW menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya). (Bentuknya adalah mendoakan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga keduanya, serta memuliakan teman dekat keduanya,” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

“Sahabat Sapa Bunda, perbanyak syukur dan baktilah kepada orang tua jika mereka masih berada bersama kita, manfaatkanlah kesempatan berbakti padanya walau sesibuk apa pun kita, dan perbanyak kirim doa bagi yang telah ditinggal oleh kedua orang tua. Semoga kita termasuk dalam golongan anak-anak sholeh sholihat yang senantiasa berbakti kepada orang tua. Salam cinta keluarga, salam sehat, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *