Sapa Bunda Episode 14 : “Tips Ramadan Sehat Imun Kuat”

 

Multinewsmagazine.com (16/4/2022) – Mengawali pagi hari yang cerah ini, Sapa Bunda episode 14 membahas mengenai Tips Ramadan Sehat Imun Kuat.

Bunda Elly Farida mengatakan, Ramadan merupakan resep terbaik yang memungkinkan untuk beriman menjalani hidup secara sehat dan holistik.

“Manfaat puasa bagi kesehatan atara lain menormalkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, memperbaiki sistem pencernaan, detoksifikasi selama sebulan penuh dan mengurangi stres,” kata bunda Elly Farida.

Bunda Elly Farida menambahkan, berpuasa mempunyai pengaruh yang baik bagi sistem imun, akan tetapi dengan beberapa catatan. Antara lain, puasa dilakukan dengan memperhatikan pola makan seimbang ketika berbuka dan sahur, istirahat cukup, tidak stres, dan olah raga cukup. Saat puasa konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh terlebih dalam situasi pandemi.

“Maka ada banyak cara untuk menjaga diri sendiri selama bulan suci ini, dan makanan merupakan salah satu elemen perawatan diri sepanjang ramadan. Berikut cara sehat puasa di bulan ramadan ala bunda Elly Farida, pertama kurangi konsumsi gorengan dan pedas-pedas, kedua minum air putih yang cukup, ketiga cukup istirahat,” ungkapnya.

Lebih lanjut bunda Elly menjelaskan, kurangi konsumsi gorengan dan pedas-pedas, kita harus mewaspadai dan sebisa mungkin mengurangi makanan yang digoreng-goreng, makanan yang pedas dan berat. Pilihlah sesuatu yang sedikit lebih sehat setelah seharian berpuasa. Makanan yang pedas dan gorengan dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan, jadi mulai perbanyak sayuran, salad dan buah. Minum air putih yang cukup. Mari kita mulai memastikan untuk perbanyak minum air putih lalu konsumsi makanan yang kandungan cairan tinggi untuk berbuka puasa, seperti mentimun dan semangka. Berbuka puasa dengan air adalah sehat. Cukup istirahat, tidak ada salahnya jika kita dalam beraktifitas di bulan ramadan juga tetap mengingat istiahat. Karena istirahat yang baik sangat penting untuk menjaga tingkat energi di siang hari.

“Sahabat Sapa Bunda, mumpung di bulan yang baik bulan ramadan, yuk kita mulai meningkatkan kesehatan tubuh. Ingat pola makan, istirahat dan asupan mineral baik untuk tubuh, sehingga kita dapat menjalani hari-hari dengan baik, jiwa sehat, imun kuat, dan penuh bahagia,” pungkas bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *