Sapa Bunda Epsode 19 : “Sucikan Harta Dengan Zakat

 

Multinewsmagazine.com (21/4/2022) – Dalam kanal youtubenya, Sapa Bunda Episode 19 membahas tentang mensucikan harta dengan zakat. Terlihat 96 x ditonton dalam waktu 5 jam lalu penayangannya.

“Kita mencoba menyelami ramadan yang penuh dengan kehangatan kesejukan, karena dibulannya salah satu upaya penyucian. Maka dibalik itu pun juga ada sebuah proses di mana zakat ini menyempurnakan amal ibadah di bulan ramadan,” kata Bunda Elly Farida mengawali tausiahnya.

Bunda Elly menambahkan, tentang zakat, tegas dinyatakan dalam Al Quran, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucika mereka. Dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu menjadi ketentraman jiwa bagi mereka, dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui” At Taubah 103.

Bunda menjelaskan, Kita pahami lima rukun Islam, zakat adalah satu-satunya rukun yang memiliki dimensi secara sosial dan ekonomi. Bahkan dalam pelaksanaannya, zakat salah satunya rukun yang menuntut adanya pengelola atau amil atau petugas.

“Kita pahami, bahwa zakat begitu memiliki peran strategis, karena bernilai ibadah secara vertikal dan memiliki peran secara horizantal. Bila rukun lain tifak memiliki porsi sosial, zakat malah bersentuhan dengan masalah muamalah,” ungkap Bunda.

Lanjut Bunda, bila sholat sudah final, dan tidak lagi menuntut pembaharuan pemikiran atau prakteknya, maka zakat terus-menerus menuntut umat berjihad sesuai dengan tuntutan zaman dan Al Quran.

“Zakat juga merupakan perwujudan keimanan sebagai rasa syukur kemuliaan akhlak. Bukti bahwa kita tidak rakus dan egois. Lantas apa hubungan zakat dengan puasa ? Harus dipahami zakat harus dibayarkan pada saat bulan ramadan untuk menyempurnakan puasa,” terang Bunda.

Sebagai penutup tausiahnya, Bunda Elly kembali menjelaskan bahwa di ujung ramadan kita memang diwajibkan membayar salah satu jenis zakat, yaitu zakat fitrah. Bukan berarti diluar ramadan tidak ada perintah untuk mengeluarkan zakat harta, perniagaan, hewan ternak, bahkan zakat profesi.

“Semoga kita bisa meningkatkan kualitas puasa kita,” pungkas Bunda Elly.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *