Maulid Nabi, Kiai Idris Ajak Teladani Politik Rasulullah

 

Multinewsmagazine.com – Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyampaikan pesan kepada umat Islam yang ada di kota yang dipimpinnya untuk meneladani politik yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Satu saja pesan saya yaitu meneladani Baginda Rasul SAW, karena ini musimnya politik jadi saya berbicara masalah politik,” tutur Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang kerap disapa Kiai Idris dalam sambutan saat mengikuti Peringatan Maulid Nabi Tingkat Kota Depok di Masjid Balai Kota Depok, Senin (09/10/2023).

Dia menjelaskan, pertama politik yang diteladani dari Rasulullah SAW yaitu politik Nabawi, tentunya dalam politik tersebut memiliki empat hal yang perlu diperhatikan.

“Ini bisa kita ambil dari pesan Rasul SAW ketika ingin melakukan sebuah perubahan peradaban yaitu saat di Madinah ada empat pesan, seruannya ya ayyuhannas kepada manusia, karena pada saat itu di Madinah multi etnis, multi agama,” jelas Kyai Idris.

“Disinilah politik yang kita kedepankan adalah politik Nabawi, politik kebangsaan, targetnya tujuannya mewujudkan kedamaian, kerukunan,” ujarnya.

Selanjutnya yang kedua, politik pemberdayaan, sebab tujuan pemerintah ialah untuk menyejahterakan rakyat.

“Alhamdulillah, saat ini tingkat kemiskinan Kota Depok 2,54 persen atau peringkat kelima terbaik se-Indonesia, tingkat kemiskinannya terendah, ini akan terus kita tingkatkan hingga 0 persen orang miskin,” jelas Kyai Idris.

Ketiga, lanjut Kyai Idris, politik silaturahmi, seperti para wakil rakyat yang mengunjungi tokoh masyarakat setempat.

“Jadi, jangan dicurigai kalau ada wakil rakyat yang datang ke rumah bapak, ibu, karena niatnya silaturahmi,” katanya.

Dan keempat, tambah Kyai Idris, politik spiritual, yakni dengan meningkatkan spiritualitas, tentunya dapat meningkatkan spirit bela bangsa, spirit kinerja, dan lain sebagainya.

“Mudah-mudahan hikmah peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW saat ini, dapat membawa keberkahan untuk warga Kota Depok,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *