CAREBUDDY KARYA MAHASISWA UI JADI IDE INOVASI TERBAIK DALAM IDEANATION 2023 BUSINESS PLAN COMPETITION

Multinewsmagazine.com – Ide inovasi CareBuddy bawa tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) raih Juara Pertama dalam kompetisi “Ideanation 2023 Business Plan Competition yang diadakan oleh Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB), pada Jumat (24/11), di Arch Hotel Bogor, Jawa Barat. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Maritza Andreanne Rafa Ayusha, Muhammad Candrika Agyawisnu Yuwono, dan Bryant Lewi Santoso, yang semuanya merupakan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran UI.

CareBuddy adalah sebuah platform untuk meringankan beban para caregiver lansia. Ide inovasi tersebut dibuat sebagai solusi untuk mengatasi tiga permasalahan utama yang dihadapi caregiver lansia di rumah, yakni ketidaknyamanan saat lansia jatuh tanpa sepengetahuan siapa pun, kebingungan dalam merawat lansia, serta kurangnya kerja sama antar anggota keluarga dalam merawat lansia.

Ketua Tim Mahasiswa, Maritza, menjelaskan bahwa platform ini menyajikan tiga fitur utama, yakni CareFall, CareSync, dan CareLearn. Fitur CareFall dapat mendeteksi ketidakseimbangan dan kejadian jatuh pada lansia melalui integrasi dengan hardware yang dipasang di tubuh lansia. CareSync membantu manajemen tugas antar anggota keluarga yang menjadi caregiver, sedangkan CareLearn menyediakan pembelajaran terstruktur mengenai caregiving lansia.

Sementara itu, salah satu anggota tim, Candrika, menilai bahwa dengan adanya kompetisi bisnis seperti ini, mahasiswa menjadi sadar bahwa kemampuan design thinking dan kolaborasi lintas disiplin sangat penting dalam mewujudkan inovasi yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

“Sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran, kami memahami bahwa implementasi ide-ide yang berdampak positif memerlukan sinergi antar bidang, seperti kedokteran, bisnis, hingga teknologi. Bidang kedokteran tidak dapat berdiri sendiri. Kerja sama antar bidang memungkinkan kita merasakan manfaatnya secara langsung dan menghadirkan solusi yang holistik untuk kesehatan masyarakat, khususnya di era industri 5.0 saat ini,” kata Candrika.

Ide inovasi CareBuddy muncul saat ketiga mahasiswa tersebut mengikuti modul Medical Technology Sociopreneurship (MTSP) sebagai bagian dari pembelajaran di program studi mereka. Proses pengembangan ide ini kemudian mendapat bimbingan dan dukungan dari para dosen dan mentor, yaitu Prasandhya Astagiri Yusuf, Ph.D.; Ir. Muhammad Hanif Nadhif, S.T.; dr. Irzan Nurman, M.Sc, EPC; Arierta Pujitresnani, M.Si.; Prof. dr. Ardi Findyartini; Ns. Sigit Mohammad Nuzul, M.Biomed.; Azwin, S.Tr.Kes.; dan dr. Luthfi Saiful Arif.

Berkat sinergi yang apik antara mahasiswa, dosen, dan mentor, ide inovasi CareBuddy terpilih sebagai pemenang dalam kompetisi yang melibatkan ratusan tim dari berbagai universitas ternama di Indonesia. Tim Mahasiswa UI dinobatkan sebagai pemenang setelah melewati beberapa tahap penilaian, mulai dari business model canvas hingga business proposal. Dari keseluruhan 290 tim, CareBuddy berhasil masuk ke tahap final bersama 6 tim terbaik lainnya.

Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, mengapresiasi capaian yang diraih oleh ketiga mahasiswa tersebut. “Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi fakultas, tetapi juga menunjukkan potensi besar mahasiswa FKUI dalam menciptakan inovasi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat. Semoga CareBuddy terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi para caregiver lansia di seluruh Indonesia,” kata Prof. Ari Fahrial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *