Dandim 0508 Depok Bersilahturahmi ke PWI

Multinewsmagazine.com – Pemanfaatan lahan tidur untuk program ketahanan pangan Pemerintah menjadi solusi mengantisipasi kerawanan pangan.

Hal itulah yang rencananya akan diwujudkan TNI dari Kodim 0508 Kota Depok untuk menggarap lahan tidur yang cukup banyak di Kota Depok.

“Saya menaruh perhatian serius terhadap pemanfaatan lahan tidur guna aktifitas pengembangan potensi sumber daya alam khususnya di sektor pertanian, sekaligus sebagai solusi terkait program pengembangan ketahanan pangan,” ujar Komandan Kodim (Dandim), Letkol Inf Iman Widhiarto saat bersilahturahmi dengan wartawan di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Depok, Senin (04/03/2024).

Menurut Iman, potensi lahan tidur masih cukup luas untuk dikelola. Pemanfaatan lahan tidur untuk tanaman pangan dan holtikultura menjadi program Pemerintah secara nasional, menyikapi kondisi ketersedian pangan dalam negeri.

Peningkatan produksi pertanian juga sebagai respon Pemerintah Daerah atas kenaikan harga sembilan bahan pokok atau sembako menjelang Ramadhan 1445 Hijriah.

“Persoalan pangan tidak bisa dianggap sepele. Jika harga terus bergejolak bisa berkembang menjadi isu yang menggangu pertahanan negara. Harga beras naik, sulit dicari, masyarakat bingung, dan muncul kepanikan publik. Ini bisa memicu isu-isu pertahanan negara,” jelasnya.

Lanjut Iman, TNI siap menjalin kerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan). TNI bisa ikut berperan sebagai kolaborator, menyatukan berbagai pihak untuk memanfaatkan lahan tidur.

“TNI bukan ahli bertani, tapi kami yang menjembatani dan menyatukan agar lahan tidur bisa diolah. Dengan izin pemilik, kita tanam dengan tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhan, terutama untuk warga terdekat dan maksimal memenuhi kebutuhan pangan warga Kota Depok,” tuturnya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *