UI RAIH PREDIKAT SANGAT BAIK HINGGA AA (ISTIMEWA) UNTUK NILAI KINERJA ANGGARAN DAN SAKIP 2023 DARI MENDIKBUDRISTEK RI

Multinewsmagazine.com – Universitas Indonesia (UI) meraih dua penghargaan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), yakni Terbaik 2 Nilai Kinerja Anggaran (NKA) dan Terbaik 3 Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2023 untuk Kategori Perguruan Tinggi Negeri sebagai Badan Hukum (PTN-BH). Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati M.Sc., Ph.D. mewakili UI untuk menerima penghargaan di Plaza Insan Pendidikan Berprestasi, Gedung Ki Hajar Dewantara (Gedung A) Lantai 1, Kemendikbudristek, Jakarta pada Selasa (30/4).

Menteri Nadiem menyampaikan apresiasinya atas komitmen dari unit kerja dan satuan kerja di lingkungan Kemendikbudristek yang telah mendukung dan memastikan berjalannya program Merdeka Belajar. Ia mengatakan, “Saya ucapkan selamat kepada seluruh unit kerja dan satuan kerja di lingkungan Kemendikbudristek. Apresiasi kami setinggi-tingginya atas keberhasilan pengelolaan akuntabilitas kinerja dengan baik. Semoga penghargaan SAKIP dan NKA terbaik tahun 2023 ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk senantiasa menguatkan komitmen dan kinerja dalam melayani masyarakat.”

Dalam kesempatan itu, ia menyinggung keberhasilan gerakan Merdeka Belajar yang sangat bergantung pada komitmen untuk mengedepankan transparansi dalam pengelolaan anggaran. Menurutnya, penetapan dan pelaksanaan kebijakan terkait program dan anggaran harus dilakukan dengan memperhatikan tiga hal, yakni berfokus pada alokasi dan pemanfaatan yang berkualitas, berbasis kinerja, dan berorientasi kepada hasil.

“Dengan berfokus pada tiga hal tersebut, kita menunjukkan komitmen dan dukungan terhadap reformasi birokrasi yang menjadi salah satu prioritas pemerintah saat ini. Tentunya, ketiga hal tersebut harus senantiasa menjadi pedoman kita dalam melanjutkan gerakan Merdeka Belajar agar upaya perbaikan layanan pendidikan dan kebudayaan dapat terus semakin terakselerasi,” ujar Menteri Nadiem.

Komitmen UI untuk mengedepankan transparansi dalam pengelolaan anggaran dibuktikan melalui perolehan skor NKA sebesar 93,20 dan skor SAKIP sebesar 91,70. UI meraih Predikat Sangat Baik untuk skor NKA dan memperoleh Predikat AA (istimewa) untuk skor SAKIP. Untuk NKA, penilaian Kemendikbudristek mengacu pada hasil evaluasi capaian kinerja anggaran yang dilakukan Kementerian Keuangan. Jumlah satuan kerja yang mendapatkan predikat sangat baik pada tahun 2023 mengalami peningkatan. Dari total 367 satuan kerja, terdapat 313 satuan kerja atau 85,3% yang memperoleh predikat sangat baik, sedangkan 51 satuan kerja atau 13,9% memperoleh predikat baik.

Sementara itu, untuk SAKIP 2023, Inspektorat Jenderal melakukan evaluasi terhadap 312 satuan kerja di Kemendikbudristek. Dari evaluasi tersebut, terdapat kenaikan jumlah satuan kerja dengan peningkatan predikat SAKIP. Satuan kerja dengan skor minimal A berjumlah 76,3% atau 238—meningkat dibandingkan tahun 2022 yang berjumlah 176 satuan kerja atau 58,1%. Selain itu, terdapat pula 16 satuan kerja yang sudah memperoleh predikat AA dan UI merupakan salah satunya.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin mengatakan bahwa kinerja anggaran dan akuntabilitas kinerja merupakan dua indikator penting yang menunjukkan seberapa baik lembaga dalam mengelola anggaran untuk mendukung pencapaian kinerja organisasi yang ditetapkan dalam dokumen perencanaan strategis kementerian. “Untuk itu, kami berharap penghargaan yang diberikan dapat menjadi semangat untuk meningkatkan kinerja sekaligus menginspirasi dan memotivasi UI untuk memberikan layanan lebih baik lagi kepada masyarakat,” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *