UI TERBAIK DALAM KATEGORI SOSIAL MEDIA DAN MAJALAH INTERNAL, RAIH PENGHARGAAN DARI SPS AWARDS 2024

Multinewsmagazine.com – Universitas Indonesia (UI) meraih dua penghargaan pada ajang Serikat Perusahaan Pers (SPS) Awards 2024. UI meraih Silver Winner pada Kategori Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA) sebagai Majalah Internal Universitas Terbaik untuk UIMAGZ Edisi XXIII/Oktober 2023. Selain itu, UI mendapatkan penghargaan Silver Winner pada Kategori Indonesia Digital Media Awards (IDMA) sebagai Media Sosial Universitas Terbaik (tahun ini tidak ada pemenang Gold Winner).

Penghargaan ini diberikan pada malam penganugerahan SPS Awards 2024 di Hotel Ciputra, Jakarta, pada Selasa (30/04). SPS Awards merupakan ajang kompetisi yang mengapresiasi karya jurnalistik yang unggul dari rekan-rekan media, pers kampus, serta korporasi/institusi di seluruh Indonesia.

Pada Subkategori Majalah Internal Universitas Terbaik, UI mengikutsertakan UIMAGZ Edisi XXIII 2023 bertajuk “Menjadi Pahlawan di Setiap Zaman”. “UIMAGZ edisi yang kami sertakan dalam kompetisi itu memuat konten berita tentang komitmen UI dalam menghadirkan pendidikan berkualitas, sesuai dengan kebutuhan pasar, dan perkembangan zaman,” kata Amelita Lusia, MSi, CPR, Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI.

“Dalam UIMAGZ edisi ke-23, terlihat sejumlah akademisi, peneliti, dan mahasiswa UI yang menjadi “pahlawan” karena terlibat aktif dalam berbagai program pembangunan nasional. Di antaranya Guru Besar Fakultas Teknik (FT) UI, Mohammed Ali Berawi, M.Eng.Sc., Ph.D., yang kini ditunjuk sebagai Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Ibu Kota Nusantara (IKN),” kata Amelita. Di dalam edisi yang sama juga terdapat profil Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI, Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D. yang aktif meningkatkan kesadaran mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) hingga meraih penghargaan World Safety Organization (WSO) Professional Concerned Award.

Atas prestasi ini, Amelita berujar, “Terima kasih kepada para Juri SPS Awards 2024 yang telah mengapresiasi kinerja Biro Humas dan KIP UI, terutama melalui majalah internal dan media sosial kami. Penghargaan ini akan memacu Humas dan KIP UI untuk mewartakan good news dari UI dan sivitas akademika secara akurat dan membangun, sesuai dengan tema besar SPS Awards tahun ini ‘Pers Sehat, Demokrasi Kuat'”,” ujar Amelita.

Selain Kategori Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA) dan Indonesia Digital Media Awards (IDMA), SPS Awards juga mengumumkan pemenang untuk tiga penghargaan lainnya, yaitu Indonesia Print Media Awards (IPMA), Indonesia Young Readers Awards (IYRA), dan Indonesia Students Media Awards (ISMA). Seluruh entri yang dilombakan dinilai oleh dewan juri yang berlatar belakang praktisi di bidang desain grafis, branding, digital, media sosial, foto jurnalisme, marketing, periklanan, komunikasi massa, dan jurnalisme.

Ketua Umum SPS Periode 2023-2027, Januar P. Ruswita mengatakan, “Perhelatan SPS Awards 2024 menegaskan bahwa peran pers dalam membangun demokrasi telah terimplementasikan dalam berbagai peran penting. Pers tidak semata-mata menjadi institusi penyebarluasan informasi bagi publik, tetapi juga merepresentasikan fungsi kontrol, fungsi kritik, sekaligus memberikan ruang bagi partisipasi publik. Pers adalah salah satu elemen penting penopang demokrasi. Maka, keberadaan pers yang sehat, baik itu sehat secara bisnis maupun produk, adalah keniscayaan demi mewujudkan demokrasi yang kuat.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *