Ingin Miliki Data Berkualitas, Diskominfo, Tingkatkan Kemampuan Pengelola Data di Semua PD

 

Multinewsmagazine.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok terus meningkatkan kemampuan pengelola data yang ada di seluruh Perangkat Daerah (PD) Kota Depok.

Yang tujuannya untuk pengelolaan data mampu menghimpun data yang berkualitas agar dapat digunakan sebagai rujukan dalam membuat kebijakan.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Depok Nancy Olivia Rossa mengatakan, dengan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) statistik pengelola data, maka data yang dihasilkan akan memiliki kualitas. Peningkatan yang dilakukan mulai dari perencanaan hingga penyebarluasan.

“Kita lakukan ini berulang. Termasuk juga pendaftaran produk statistik mereka di Badan Pusat Statistik (BPS),” tuturnya, Jumat (28/06/24).

Dikatakan Nancy, bila metode pengumpulan data, teknik dan hal lain yang dibutuhkan harus sesuai standar. Jika itu sudah dilakukan, BPS akan memberikan rekomendasi terhadap data yang didaftarkan.

“Selain itu supaya tidak ada duplikasi data antar PD. Dengan kepentingan yang sama khawatirnya mereka melakukan survei yang sama, jadi mubazir,” ungkap dia.

Untuk itu, melalui pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM Statistik Sektoral Tahun 2024, peserta yang berasal dari tiap PD mendapatkan materi cara mendapatkan rekomendasi statistik untuk produk mereka. Kemudian, materi selanjutnya, juga tentang keterbukaan informasi publik.

“PD itu kan mempunyai data-data dan data mereka juga diminta oleh publik. Mereka berkewajiban memberikan data-data yang benar dan tidak menyesatkan,” terang Nancy.

“Itu juga bagian dari kontrol masyarakat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh PD,” ucap dia.

Nancy menambahkan, peserta yang mengukuti pelatihan merupakan perwakilan dari setiap PD di Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan (PEP). Sub bagian ini berwenang menyatakan data yang ada boleh dipublis atau tidak.

“Harapannya dengan pelatihan yang dilakukan para pengelola data dapat memberikan data mereka di portal Sadepok atau Satu Data Kota Depok,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *