VIRAL  

Tips Memilih Sabun Cuci Piring yang Aman, Cek Dulu Yuks!

Pengen beli sabun cuci piring tapi takut Cek tips memilih sabun cuci piring yang aman ini
Image: Ini dia tips memilih sabun cuci piring yang aman untukmu!/growingorganic.com

MultiNewsMagazine.com – Kamu harus tahu kalau sabun cuci piring sudah menjadi kebutuhan penting rumahan karena fungsinya yang krusial untuk mencuci semua perlengkapan dapur dengan mudah. Sabun cuci piring nggak bisa digantikan dengan sabun lain secara ngasal karena mempengaruhi keamanan perlengkapan dapur untuk wadah atau mengolah makanan.

Untuk itu, biar kamu nggak salah membeli jangan lupa cek dulu tips memilih sabun cuci piring yang aman sebagai pertimbangan sebelum membelinya.

Tips Memilih Sabun Cuci Piring yang Aman

Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih sabun cuci piring yang aman adalah bisa langsung cek semuanya di bawah ini!

Perhatikan Kebutuhannya

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk memilih sabun cuci piring yang aman adalah memperhatikan segi kebutuhan. Kamu harus tahu kalau sabun cuci piring digunakan oleh semua kalangan baik untuk skala rumahan dan bisnis. Ternyata antara dua skala tersebut nggak bisa ngasal dalam memilih sabun cuci karena disesuaikan dengan kebutuhannya.

Jika dibandingkan dengan skala rumahan, skala bisnis seperti hotel dan restoran jelas membutuhkan formula sabun cuci piring yang lebih baik. Kemampuannya dalam membersihkan noda dan bakteri harus 10 kali lebih baik dibandingkan untuk skala rumahan. Alasannya adalah perlengkapan makan yang ada dipakai banyak orang jadi harus benar-benar steril dan mana untuk dipakai.

Sementara untuk skala rumahan biasanya membutuhkan formula sabun cuci piring yang bisa menghilangkan amis dan harus lembut di tangan. Sehingga mengutamakan formula yang nggak bikin kulit kering namun tetap maksimal dalam membersihkan noda. Dengan memperhatikan pemilihan skala sesuai kebutuhan ini jelas bakalan membantumu mendapatkan sabun yang aman.

Harga

Tips kedua yang bisa digunakan untuk memilih sabun cuci piring aman adalah memperhatikan harganya. Kamu tentunya tahu kalau saat ini sudah banyak banget jenis dan merek sabun cuci piring di pasangan baik yang diproduksi pabrik maupun skala rumahan. Banyak orang yang langsung tertarik membeli sabun cuci piring dengan isi banyak dan harga murah.

Padahal mereka sama sekali nggak tahu formula apa yang digunakan di dalamnya, mereka hanya tertarik dengan harga yang terjangkau saja. Biasanya mereka akan membeli sabun cuci piring literan yang mereknya nggak familiar bahkan belum mendapatkan izin BPOM. Tentu saja hal ini bakalan bahaya banget mengingat kegunaan sabun ini bersentuhan langsung dengan perlengkapan makan.

Untuk itu, tips penting yang harus dilakukan adalah jangan langsung tergiur dengan harga murah apalagi jika hanya digunakan untuk skala rumahan. Kamu harus mengutamakan formula dan bahan kandungan yang ada di dalamnya seperti mengandung anti bakteri dan pembunuh kuman. Sehingga membuat perlengkapan dapur dan makan kita menjadi lebih sehat dan aman digunakan.

Utamakan Food Grade

Tips memilih sabun cuci piring ketiga yang nggak kalah penting diperhatikan adalah harus ada label food grade. Apakah semua sabun cuci piring sudah mengandung label food grade ini? Nyatanya nggak semua sabun cuci piring memilikinya apalagi sabun cuci piring yang diracik skala rumahan. Sehingga belum jelas bahan apa saja yang digunakan di dalamnya.

Apa sih yang dimaksud dengan label ini? Food grade menandakan formula yang digunakan dalam sabun cuci piring cenderung lebih aman tanpa tambahan bahan kimiawi di dalamnya. Sehingga bahan ini cenderung mudah dibilas dan nggak menempel pada perlengkapan dapur maupun makan milikmu. Nggak heran kalau sabun cuci piring dengan label ini banyak ditemukan pada produk bayi.

Jadi, nantinya produk ini nggak bakalan memiliki bau yang mencampur dengan makanan. Aromanya bakalan aman dan sekaligus bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur. Kamu tentunya tahu kalau buah dan sayur saat ini banyak disemprot dengan pestisida sehingga air saja nggak cukup. Kamu bisa menggunakan sabun cuci piring tertentu untuk mencucinya.

Utamakan Wangi Segar

Tips keempat yang bisa kamu gunakan untuk memilih sabun cuci piring adalah utamakan memilih sabun dengan wangi yang segar. Sabun cuci piring memang memiliki tujuan utama untuk menghilangkan noda dan lemak menempel pada perlengkapan dapur. Namun banyak yang kurang mampu menyamarkan bahkan menghilangkan aroma amis.

Sehingga perlengkapan dapur yang sudah bersihpun terasa nggak enak untuk digunakan kembali. Inilah pentingnya memilih sabun cuci piring yang memiliki aroma wangi jadi nantinya perlengkapan makan yang sudah bersih bakalan nyaman untuk dipakai secara berulang. Kamu bisa memilih wangi yang segar seperti lemon, jeruk nipis maupun aroma buah lainnya.

Saat ini sabun cuci piring sudah memiliki banyak sekali bahan pewangi di dalamnya namun kamu nggak disarankan memilih aroma yang terlalu menyengat atau bahkan dari bahan bunga. Kamu bakalan kurang nyaman untuk menggunakannya sebagai pewangi sabun di perlengkapan dapurmu.

Perhatikan Kemudahan Penggunaannya

Tips kelima yang bisa kamu perhatikan untuk memilih sabun cuci piring biar aman digunakan adalah memperhatikan kemudahan penggunaannya. Kamu harus tahu kalau nggak semua sabun cuci piring mudah dibilas dan kesat hasilnya. Ada juga sabun cuci piring yang cenderung nggak bersih-bersih bahkan sudah dibilas dengan air melimpah.

Selain itu, sabun tersebut juga nggak menyisakan kesan kesat dan perlengkapan dapur menjadi super licin. Tentu saja hal ini membuat kita nggak nyaman untuk menggunakannya, terlebih jika digunakan untuk mencuci gelas maka bakalan rawan untuk jatuh dan pecah. Sabun yang masih tertinggal pada perlengkapan makan tentu saja bakalan bahaya untuk digunakan.

Kesan licin pada perlengkapan makan juga menjadi tanda lemak belum bersih maksimal dan masih ada sabun yang belum terbilas sempurna. Tentu saja hal ini bakalan memberikan dampak kurang baik apalagi penggunaannya untuk jangka panjang.

Perhatikan Formulanya

Tips keenam yang bisa digunakan untuk memilih sabun cuci piring adalah memperhatikan formulanya. Sabun cuci piring saat ini ada yang menggunakan bahan organik, kimiawi bahkan ada juga yang sudah memperhatikan keramahan lingkungan sehingga menarik banget untuk diperhatikan. Kamu nyatanya nggak hanya fokus untuk cair yang mampu membersihkan maksimal.

Kamu juga harus cari formula yang aman untuk membersihkan perlengkapan dapur tanpa memberikan efek samping buruk dalam penggunaannya. Selain itu, untukmu yang memiliki kulit sensitif dan mudah bereaksi dengan formula sabun juga harus memperhatikan formula yang ringan dan nggak keras karena akan merusak kulitmu.

Formula ini haruslah mencakup kemampuan untuk membunuh kuman bakteri, kuman dan bau yang diakibatkan sisa makanan pada perlengkapan dapurmu. Sehingga perlengkapannya nanti bakalan aman dan tetap nyaman digunakan secara berulang.

Kamu pengen cari sabun cuci piring yang bagus dengan harga terjangkau? Jangan khawatir karena kamu bisa langsung cek semua rekomendasi produk lengkap hanya di Blibli saja. Ada banyak diskon dan potongan harga terbaik hanya untukmu. Cek semuanya sekarang juga!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *