Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

[ad_1]

1.

Mengatasi Sel Kulit Mati

Manfaat Ampas Kopi

Mengatasi Sel Kulit Mati | www.honestdocs.id

Manfat ampas kopi pertama yaitu dapat mengatasi sel kulit mati. Ada yang pernah mengalami kulit hampir terkelupas di bagian tubuh tertentu? Hal tersebut merupakan kondisi sel kulit mati yang tengah beregenerasi.

Manfaat ini juga sangat berguna untuk kesehatan wajah kita. Ya, manfaat ampas kopi untuk wajah adalah menguraikan sel kulit mati dan membantu kulit wajah untuk regenerasi lebih sehat. Selain menjadi lebih cerah, kulit wajah kita pun akan terlihat segar.

Selain menjadi lebih sehat dan terlihat segat, komedo yang ada pada wajah pun akan hilang. Hal tersebut karena fungsi dari ampas kopi yang dapat membuat pori-pori pada kulit wajah menjadi normal kembali.

2.

Menghindari Jerawat Pada Wajah

Manfaat Ampas Kopi

Menghindari Jerawat Pada Wajah | cdn.shopify.com

Manfaat ampas kopi selanjutnya adalah sebagai masker untuk wajah. Karena kandungan ampas kopi yang baik dalam mengatasi sel kulit mati, oleh karena itu ampas kopi cocok dijadikan masker untuk wajah dan memiliki manfaat ampas kopi untuk wajah.

Seperti yang kita ketahui, jerawat terbentuk dari sel kulit mati dan wajah yang berminyak yang menyumbat pori-pori kulit wajah kita sehinga mudah terjangkit bakteri. Manfaat masker ampas kopi yaitu dapat membersihkan sel kulit mati dan membuka pori-pori kulit di wajah agat tidak tersumbat.

Hal ini disebabkan karena manfaat masker ampas kopi memiliki kandungan anti-oksidan, asam klorogenat, stimultan yang mampu melawan jerawan dengan menjadikannya masker sekaligus pembersih kulit wajah.

Baca Juga: Manfaat Jintan Hitam untuk Tubuh

3.

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Manfaat Ampas Kopi

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari | image-cdn.medkomtek.com

Manfaat dari amas kopi selanjutnya yaitu untuk melindungi kesehatan kulit dari sinar matahari. Sebuah penelitian menguji bagaimana manfaat kandungan polifenol untuk tubuh. Kesimpulan penelitian tersebut adalah bahwa senyata polifenol dapat mengurangi bercak bintik akibat penuaan.

Bercak bintik tersebut disebabkan akibat sinar ultraviolet yang ada pada cahaya matahari. Diketahui juga senyawa polifenol terdapat pada kopi dan oleh karena itu ampas kopi juga dapat bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Sinar ultraviolet sering kali membuat kulit menjadi kusam dan kering. Banyak produk kesehatan kulit menawarkan khasiat yang tahan terhadap sinar ultraviolet. Khasiat tersebut juga ternyata terdapat dalam ampas kopi.

4.

Memudahkan Kantung Mata yang Membengkak

Manfaat Ampas Kopi

Memudahkan Kantung Mata yang Membengkak | image-cdn.medkomtek.com

Bagi yang memiliki pola tidur yang tidak baik, atau memiliki penyakit insomnia atau susah tidur, akan membuat kantung mata menjadi membengkak. Selain kurang tidur, kantung mata bengkak juga bisa disebabkan oleh alergi, infeksi, atau pun mengonsumsi minuman yang tidak sehat.

Jika tidak diobati pun, kantung mata yang membengkak akan hilang dengan sendirinya, namun jika tidak kunjung hilang kita bisa menggunakan krim ekstrak dari ampas kopi. Kandungan senyawa asam korogenik pada kopi mampu mengurangi pembengkakan pada kantung mata kita.

Namun, jangan sekali-kali meminum kopi lebih dari kadar yang ditentukan. Hal tersebut akan membuat kita menjadi sulit tidur. Jangan sampai, di satu sisi kita ingin menghilangkan kantung mata akibat kurang tidur dengan ampas kopi, namun di sisi lain kita meminum kopi yang menyebabkan kita sulit tidur.

Baca Juga: Manfaat Kacang Edamame Sebagai Cemilan Diet

5.

Meremajakan Kulit Kepala dan Merawat Rambut

Manfaat Ampas Kopi

Meremajakan Kulit Kepala dan Merawat Rambut | majalah.ottencoffee.co.id

Selanjutnya adalah manfaat ampas kopi untuk rambut dan kulit kepala. Kita sering kali menggunakan sampo dengan kadar pH tingi melebihi kadar pH pada rambut kita. Hal tersebut dapat membuat kulit kepala kita kering dan membuat rambut menjadi lebih kusam.

Kita bisa menggunakan ampas kopi karena manfaat ampas kopi untuk rambut sangat terbukti. Caranya kita bilas rambut kita seperti biasa, kemudian gosokan ampas kopi pada rambut dan kulit kelapa, kemudian kita bilas kembali.

Hal itu dapat menetralkan kembali pH pada rambut kita dan menghilangkan kadar pH tinggi akibat dari penggunaan sampo. Saran lebih lanjut adalah gunakan produk sampo yang memiliki kadar pH tidak lebih tinggi dari kadar pH rambut kita. Kita bisa cek di laboratorium terdekat untuk mengetahui kadar pH rambut kita.

Baca Juga: Rekomendasi Kedai Kopi di Jogja yang Buka Hingga Tengah Malam

6.

Menyehatkan Kulit Kaki

Manfaat Ampas Kopi

Menyehatkan Kulit Kaki | cdn-cas.orami.co.id

Seperti yang kita tahu, bahwa kulit kaki memiliki lapisan kulit tebal dibanding bagian tubuh lainnya. Namun, kulit kaki juga sering kali mengalami gangguan parah seperti kulit pecah-pecah. Untuk mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah kita biasanya merendam kaki dengan air hangat.

Kita bisa menambahkan ampas kopi ada air rendaman untuk kaki, kandungan kopi yang dapat membersihkan sel kulit mati dapat menghilangkan pecah-pecah pada kulit di telapak kaki. Selain itu, air rendaman ampas kopi dapat menstimulus aliran darah pada kaki.

Baca Juga: Manfaat Kelapa Bakar untuk Mencegah Diabetes dan Menambah Kesuburan

7.

Menghilangkan Bau Keringkat pada Kaki

Manfaat Ampas Kopi

Menghilangkan Bau Keringkat pada Kaki | www.harapanrakyat.com

Seringkali bermasalah dengan bau kaki setelah menggunakan sepatu dalam waktu yang cukup lama? Hal tersebut merupakan hal yang lumrah, karena kaki kita akan mengeluarkan keringat ketika menggunakan sepatu. Keringat tersebut yang merupakan sumber dari bau kaki.

Bau pada kaki juga biasanya akan hilang hanya dengan mencuci kaki dengan sabun namun ada juga yang tidak kunjung hilang baunya setelah dibersihkan dengan sabun. Jangan khawatir, kita bisa menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau pada kaki kita.

Baca Juga: 10 Manfaat Kopi untuk Wajah, Kulit Lebih Lembut, Cerah, dan Bebas dari Risiko Kanker!

8.

Mengencangkan Lemak Selulit pada Kulit

Manfaat Ampas Kopi

Mengencangkan Lemak Selulit pada Kulit | www.gingsul.com

Lemak selulit umumnya sering dihadapi kaum perempuan, yang biasanya tertimpan pada jaringan di bawah kulit dan keluar ke lapisan kulit sehingga terlihat bergelombang pada bagian kulit tertentu. Biasanya untuk menghilngkan selulit meminum obat pelangsing yang tersedia di pasar.

Apakah kita mengetahui bahwa di setiap obat pelangsing tersebut mengandung kafein? Iya, kafein ternyata bermanfaat untuk mengurangi lemak selulit. Selain itu manfaat ampas kopi dalam mengatasi sel kulit mati juga sepertinya dapat diandalkan untuk mengatasi permasalahan lemak selulit pada kulit kita.

Baca Juga: 7 Kedai Kopi Lokal On-The-Go Terbaik yang Ada di Jakarta

9.

Menghilangkan Bau Amis di Tangan

Manfaat Ampas Kopi

Menghilangkan Bau Amis di Tangan | i.ytimg.com

Tangan kita sering kali menyisakan bau amis setelah selesai memasak. Berbagai bahan olahan makanan akan meninggalkan bau amis yang bercampur dan hal tersebut akan membuat tangan kita bau. Bahkan bau pada tangan tersebut tidak akan hilang setelah dibilas menggunakan sabun.

Jangan khawatir, kita bisa menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau amis pada tangan. Sama seperti untuk menghilangkan bau pada kulit kaki kita. Selain itu, kopi yang memiliki kandungan exfoliant juga dapat membuat tangan lebih halus dan bersih.

Artikel Lainnya

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *