7 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Terkenal 2020

[ad_1]

Perkembangan teknologi yang makin cepat setiap harinya, secara tidak langsung ikut memperluas jenis pekerjaan yang ada. Bergesernya pola kehidupan dari yang serba manual menjadi digital turut membuat profesi yang sebelumnya tidak ada bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan. Salah satunya adalah menjadi blogger.

Jika diperhatikan, sudah ada banyak nama yang dikenal sebagai blogger sukses dari tanah air maupun luar negeri. Ranah yang diulas pun beragam. Bisa mulai dari gaya hidup, traveling, kesehatan, bahkan hingga konten K-pop. Dari situ, banyak yang tertarik untuk mencari cara menjadi blogger pemula.

Namun, memulai cara menjadi blogger terkenal tidak bisa langsung terjadi dalam sekejap. Ada proses yang harus dilewati supaya karier di dunia tulis menulis di jagat maya ini bisa berhasil. Perlahan tapi pasti, perhatikan dan praktikkan langkah di bawah ini supaya bisa mewujudkan pekerjaan impianmu ini.

1.

Memiliki kemampuan menulis yang mumpuni

cara menjadi blogger

Skill menulis | www.pexels.com

Cara menjadi blogger pemula yang mutlak dan harus dikuasai adalah memiliki kemampuan menulis mumpuni. Kemampuan untuk merangkai kata-kata menjadi kalimat yang enak dibaca juga membutuhkan skill khusus yang hanya bisa dimiliki dengan banyak berlatih.

Pada dasarnya, kemampuan menulis ini sudah dipelajari sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. Pertama-tama, kamu harus memahami konsep merangkai kalimat dengan sistem SPOK. Setelah itu mencoba untuk meramu kalimat majemuk dan merangkainya menjadi paragraf. Setelah itu, prosesnya bisa berlanjut menjadi esai yang dibuat berdasarkan tujuan tertentu.

Selain itu, penguasaan terhadap keruntutan juga menjadi hal krusial yang lambat laun akan dikuasai dengan sendirinya. Selain melatih dengan membuat tulisan pendek dan sederhana, jangan sungkan untuk meminta masukan dari teman maupun orang lain yang memang sudah ahli di bidang tulis menulis dan terjun ke dunia blogger sebelumnya. Feedback dari mereka bisa menjadi penyemangat buatmu untuk terus berkembang dan percaya diri dengan tulisan karyamu.

2.

Mengeksplorasi banyak topik dari berbagai sumber

cara menjadi blogger

Eksplorasi konten | www.pexels.com

Sebelum menjadi cara menjadi blogger terkenal, kamu harus melewati perjalanan dan perjuangan yang tidak mudah. Sembari melatih kemampuan menulis yang rapi dan tertata, kamu juga perlu mengimbanginya dengan mengeksplorasi banyak topik dari berbagai sumber.

Kamu bisa membaca tema yang menurutmu menarik. Jika senang dengan topik tersebut, pasti akan muncul keinginan untuk lebih mendalaminya dengan mengulik konsep yang lebih luas. Dengan memperluas cakupan bacaan, kamu jadi bisa melihat peluang konten apa yang potensial untuk dibahas di blog milikmu.

Baca juga: Cara Membuat Blog Gratis Untuk Para Pemula

3.

Menentukan fokus dan arah konten

cara menjadi blogger

Konten | www.pexels.com

Setelah membaca banyak sumber, kamu akan mencatat tema apa saja yang sekiranya menarik untuk diulas lebih dalam. Dengan mencari banyak referensi yang ada, kamu bisa menemukan mana pembahasan menarik yang belum banyak diulas tapi berpotensi memiliki target pasar yang besar.

Untuk topik dan tema bisa saja saja. Tapi menyoal eksekusi dan hasil akhir, kamu bisa membuatnya terkesan berbeda dengan memberi sentuhan yang “kamu banget”. Ini bisa menjadi cara menjadi blogger pemula supaya mantap di tahap awal dan tidak kebingungan sendiri di tengah jalan.

Di tahap ini, kamu bisa mencari “pertolongan” dengan berkonsultasi dengan orang yang ahli di bidang tersebut. Sekarang ini, sudah ada banyak seminar dan webinar yang membahas soal menjadi content creator. Blogger sendiri bisa termasuk salah satunya, ‘kan. Tidak ada salahnya untuk merogoh kocek lebih untuk menimba ilmu dari yang sudah profesional.

Baca juga: Aplikasi Blogger Terbaik di Android

4.

Memiliki blog dan memasang tools khusus

cara menjadi blogger

Tools | www.pexels.com

Setelah mantap dengan tema dan topik yang akan dibahas, langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah memiliki blog. Sekarang ini, sudah ada banyak pilihan blog platform gratis yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari wordpress, blogger, blogspot, bahkan tumblr bisa dijadikan pilihan.

Sebelum membuat akun, tentu kamu harus melakukan riset kecil-kecilan soal dashboard dan fitur dari masing-masing platform. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, tinggal kamu yang menentukan akan menggunakan yang mana.

Membeli domain

Setelah membuat blog, kamu juga bisa membeli domain untuk membangun persona dan profil sebagai seorang blogger. Biaya berlangganannya pun terbilang terjangkau, tergantung dari paket domain yang disediakan. Biasanya, paket domain standar dipatok di kisaran Rp200 ribuan per bulan. Murah, ‘kan?

Baca juga: Aplikasi Blogger untuk iPhone Terbaik

Google Analytics

Belum berhenti di situ, cara menjadi blogger sukses masih memiliki banyak persiapan yang harus dipenuhi. Setelah blog-mu sudah berdomain, langkah selanjutnya adalah memasang Google Analytics. Dari sini, kamu bisa mendapat banyak insight tentang pembaca yang mampir ke blog. Mulai dari demografi, negara, hingga jam aksesnya.

Dari data tersebut, kamu bisa mengetahui behaviour dan konten apa saja yang disukai oleh pembaca. Bisa diakses kapan saja dan real time, tools milik Google ini bakal berguna untukmu ketika mengembangkan konten.

SEO tools

Setelah analytics terpasang, kamu juga perlu memanfaatkan SEO tools. Tujuan dari alat search engine optimization ini supaya tulisanmu bisa berada di halaman pertama Google dan mesin pencari lainnya dengan memakai keyword tertentu. Kamu bisa memasukkan kata kunci tertentu yang memang banyak dicari. Dengan begitu, jumlah pengunjung blog juga bisa naik secara signifikan.

Baca juga: Cara Menghapus Blog Tanpa Ribet, Lengkap, dan Praktis

5.

Konsisten meramu konten berkualitas diiringi dengan visual menarik

cara menjadi blogger

Konsisten | www.pexels.com

Setelah blog dan tools sudah terpasang, cara menjadi blogger selanjutnya adalah dengan mengeksekusi konten secara konsisten. Buat tulisan yang menarik dan pastikan sudah melakukan proses quality control sebelum mengunggahnya. Semakin rapi tulisan dan kesalahan yang minimal, bakal ikut mendongkrak kredibilitas blog milikmu.

Meski pada awalnya blog dibuat untuk konten berbasis tulisan, kamu tetap harus berkreasi dan meramu untuk membuat visualnya tampak menyenangkan. Kamu bisa menggabungkan dengan menyelipkan foto berkualitas HD dan aesthetic. Bisa memungkinkan, kamu juga bisa mengunggah gambar bergerak dalam format GIF maupun video bikinan sendiri maupun yang di-embed dari platform video.

Supaya tetap terjadwal dan konsisten, di langkah awal kamu bisa membuat jadwal upload blog rutin. Mungkin kamu bisa memulainya dengan mengunggah 1 tulisan per minggu. Apabila kontenmu memiliki banyak penggemar setia, kamu bisa menambah kuantitasnya menjadi dua atau tiga kali lipat dari biasanya. Selain jumlah, kamu juga harus memastikan kualitasnya nggak menurun, ya.

Baca juga: Tips Menjadi Travel Vlogger dengan Viewers dan Subscribers Jutaan

6.

Membangun persona yang kuat di media sosial

cara menjadi blogger

Media sosial | www.pexels.com

Selain membuat image blog yang kredibel, kamu juga harus membangun persona yang kuat di media sosial. Kamu bisa mengubah akun Instagram pribadimu menjadi business dengan label personal blog maupun author. Meski terkesan sepela, justru ini adalah langkah awal untuk menyukseskan cara menjadi blogger terkenal.

Sebgai contoh, asumsukan kamu ingin menjadi travel blogger. Selain membuat konten soal persiapan dan itinerary liburan ke suatu tempat, kamu juga perlu menuangkan garis besar tulisan tersebut untuk menjadi konten menarik di Instagram. Bisa berupa unggahan slider yang terdiri dari beberapa foto tentang tips liburan. Kamu juga bisa mempromosikan link tulisan blog terbaru dengan memanfaatkan fitur Story-nya.

Dengan begitu, eksistensimu sebagai blogger akan meningkat dan terpercaya. Jika ditekuni, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapat tawaran untuk bekerja sama dengan brand ataupun menjadi ambassador sebuah travel agent untuk mempromosikan paket wisatanya. Perlahan-lahan, pundi Rupiah bakal mendekat dengan sendirinya.

Baca juga: Instagram Food Blogger Indonesia yang Wajib Di-follow Pemburu Jajan Enak

7.

Berkolaborasi dengan blogger lain

cara menjadi blogger

Collab | www.pexels.com

Selain membangun persona di media sosial, kamu juga perlu memutar otak supaya bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Salah satu yang nggak boleh dilewatkan dalam cara menjadi blogger adalah berkolaborasi dengan blogger lainnya.

Jangan malas untuk menghadiri event blogger yang digelar di kotamu. Siapa tahu di acara tersebut kamu bisa bertemu dan bekerja sama dengan blogger lain yang memiliki visi serupa denganmu. Dari kolaborasi tersebut, orang-orang yang sebelumnya belum terlalu “kenal” dengan blog pribadimu jadi tertarik untuk menjadi “penggemar” baru.

Artikel Lainnya

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *