Wali Kota Apresiasi Keguyuban Banyak Pihak Atas Kesuksesan Penyelengaraan Lebaran Depok 2023

Multinewsmagazine.com – Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara resmi membuka Lebaran Depok 2023 yang berlangsung di Perumahan Garden at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari, Rabu (17/05/23). Acara yang masuk dalam Calendar Of Event-Keriaan Depok 2023 di Mei ini digelar mulai tanggal 17-20 Mei.

Sebelum acara pembukaan yang ditandai dengan pemukulan rebana oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris, juga menampilkan tradisi Nyedengin Baju yang diperagakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri, Asisten Administrasi Umum (Adum) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Nina Suzana bersama Wali Kota Depok dan istri, Bunda Elly Farida.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Lebaran Depok merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok merawat tradisi warga Betawi Depok menyambut Hari Raya Idulfitri.

“Ini sesuatu yang luar biasa, karena semuanya guyub, mulai dari pemilik tempat, maupun warga di sini, panitia penghubung, camat-camat, dan kelurahan se-Kota Depok, termasuk sosialisasinya,” kata Kiai Idris, sapaan akrabnya, di sela-sela acara pembukaan Lebaran Depok 2023.

Dikatakannya, Lebaran Depok ini sudah masuk dalam kalender event Pemkot Depok setiap tahun.

Maka dari itu, pihaknya akan mengadakan event ini setiap tahun agar generasi muda Kota Depok tahu budaya para leluhurnya.

“Budaya yang merupakan sebuah ekspresi jiwa ini menjadi wadah bagi warga Depok yang sudah beragam, etnis dan budaya,” ujarnya.

“Makanya, kami juga menampilkan budaya-budaya, pakaian-pakaian daerah yang menjadi bagian dari warga Depok,” katanya.

Tahun ini, Lebaran Depok mengangkat tema yang sama dengan Hari Jadi Kota Depok yaitu, Beragam Suku Berpadu untuk Depok Lebih Maju.

Oleh sebab itu, pakaian adat Depok, baju Pangsi dan Kebaya Encim khas Depok dipromosikan dalam event tersebut.

Baju Pangsi dan Kebaya Encim ini juga menjadi pakaian dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dipakai setiap hari Kamis, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Wali Kota Depok.

“Dalam event ini kita berlapang dada, dengan berwarna-warni baju dengan beragam suku dan etnis yang ada di Kota Depok, kita dengan leadernya adalah KOOD ingin mempersatukan warga Depok untuk memastikan bahwa masyarakat bisa dan semakin maju,” tandas Kiai Idris.

Untuk diketahui, Wali Kota Depok, Mohammad Idris sangat fokus terhadap pelestarian dan kemajuan yang ada di Kota Depok.

Salah satunya melakukan pembangunan sejumlah infrastruktur untuk pelestarian kebudayaan, seperti Padepokan di Alun-alun Kota Depok dan Taman Musik Depok sebagai tempat ekspresi anak muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *