Pastikan Pelayanan Lancar, Sekda Depok Tinjau RPH Tapos

 

Multinewsmagazine.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri melakukan peninjauan ke Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Depok di Kecamatan Tapos, Kamis (29/06/23). Terdapat beberapa fasilitas yang membutuhkan perbaikan.

Bang SS, sapaan akrabnya, mengatakan, secara umum pelayanan RPH di Tapos berjalan dengan maksimal pada Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah. Fasilitas yang dimiliki juga cukup baik.

“Kemarin kita juga dapat bantuan dari pusat yang disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat berupa dua buah alat perebah sapi atau restraining box,” tuturnya usai peninjauan, Kamis siang, (29/06/23).

Selain meninjau, ia juga mengevaluasi beberapa fasilitas yang memerlukan perbaikan. Salah satunya, lantai yang sudah mulai rusak.

“Tadi secara fisik lantai sudah rusak, kita harus mengalokasikan anggaran tahun berikutnya untuk bisa lebih bersih dan bagus lagi,” ungkapnya.

Dengan begitu diharapkan, pemotongan hewan di RPH Depok dapat lebih higienis dan maksimal. Hal ini juga sudah didiskusikan dengan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Peternakan (DKP3) Depok terkait kebutuhan perbaikan RPH.

“Kita akan sampaikan ke pak Wali dan Wakil agar disetujui dilakukan perbaikan, maksimal di tahun 2025,” katanya.

Sementara itu, Kepala DKP3 Kota Depok, Widyati Riyandani menambahkan, sebetulnya untuk lantai sudah dilakukan epoksi atau penguatan cat. Namun, karena jumlah pemotongan cukup banyak, sehingga menyebabkan epoksi tergerus.

“Itu yang akan kita benahi di awal secara perencanaan jangka pendeknya,” ucapnya.

Perbaikan awal, akan coba diusulkan pada anggaran perubahan tahun ini, untuk ruang bagian barat. Pihaknya juga sudah mengusulkan dana alokasi khusus untuk perbaikan ke pemerintah pusat sekitar Rp 2 miliar.

“Perbaikan akan kami lakukan secara bertahap. Kami berharap, sebagian yang diprioritaskan dapat dianggaran tahun 2024,” tutup Widyati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *