LPBI NU Jakarta Sosialisasi dan Simulasi Gempa Santri Asshiddiqiyah

MultiNewsMagazine.Com, Jakarta – Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) DKI Jakarta bekerjasama dengan Keluarga Besar Alumni Asshiddiqiyah melaksanakan sosialisasi dan simulasi gempa di Asshiddiqiyah Batuceper Tangerang Banten, (26/10/2019).

Kegiatan diikuti oleh 210 santri dalam pelatihan pramuk gabungan dari Asshiddiqiyah Ceper, Karawang dan Serpong.

Sosialisasi dan simulasi disampaikan oleh M. Wahib Emha ketua LPBI NU DKI Jakarta dan Asep Sabar Utama Komandan Santri Siaga Bencana LPBI NU DKI Jakarta.

M. Wahib menyampaikan jenis – jenis bencana yang ada di Indonesia diantaranya gempa, tsunami dan cara penyelamatannya, kunci utama adalah memahami jenis – jenis.bencana, tidak panik dan selalu waspada dan siapsiaga, penyampaian kesiapsiagaan bencana memalui lagu dan sholawatan, hal ini dilakukan agar mudah dipahami, disenangi santri karena sholawatan juga menjadi kekhasan santri.

Penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak, dan semua warga Indonesia berhak memerima informasi terkait kebencanaan.

Asep Sabar Utama Komandan Santri Siaga Bencana menyampaikan pentingnya membudayakan santri dalam kesiapsiagaan bencana, karena negara Indonesia rawan terhadap bencana, santri harus paham sehingga mereka bisa membangun masyarakat yang tangguh nantinya.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Alumni Asshiddiqiyah (PB IKLAS) HM. Zein mengungkapkan apresiasi kepada LPBI NU DKI Jakarta yang selalu bekerjasama dengan pesantren Asshiddiqiyah dalam meningkatkan kapasitas santri dalam penanggulangan bencana, karena bagi santri ilmu kebencanaan adalah hal yang baru, semoga ilmu dan simulasi tidak terpakai karena tidak adanya bencana, namun jika terjadi bencana santri sudah siapsiaga. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *