VIRAL  

5 Serial Kartun Terkenal Ini Tidak Pantas Ditonton Anak-anak

[ad_1]

Serial kartun merupakan acara yang sangat digemari oleh anak kecil, terutama tentang kisah-kisah lucu dari para binatang, seperti Looney Tunes hingga Tom & Jerry. Namun, tahukah kamu jika sebenarnya kedua kartun tersebut tidak layak untuk dikonsumsi oleh anak-anak? Hal itu tidak lain karena terdapat beberapa adegan yang menampilkan kekerasan secara jelas. Tentu itu tidak patut untuk ditonton oleh anak-anak.

Nah, selain kedua kartun tersebut, masih ada lagi beberapa kartun yang harusnya nggak layak buat dijadikan tontonan anak-anak. Apa saja serial kartun yang dimaksud? Berikut ulasannya untuk kamu semua!

1.

Betty Boop

5 Serial Kartun Terkenal Ini Tidak Pantas Ditonton Anak-anak

Betty Boop | en.wikipedia.org

Betty Boop merupakan tokoh animasi yang diciptakan oleh seorang animator bernama Max Fleischer. Pertama kali tokoh animasi ini muncul di Talkartoon yang kemudian serialnya diproduksi oleh Fleischer Studios hingga akhirnya secara resmi dirilis oleh Paramount Pictures.

Serial kartun yang satu ini begitu populer pada tahun 1930-an. Karakter utama dari kartun ini adalah seorang wanita seksi dengan mengenakan setelan gaun yang mana bagian punggungnya tampak terlihat jelas.

Tentu saja penampakan dari karakter utama ini tidak pantas untuk disaksikan oleh anak-anak. Tidak hanya sampai di sana. Beberapa adegan dalam serial kartun ini juga menampilkan Betty yang menari-nari dengan seksinya.

Serial kartun ini pun pernah diberi sanksi larangan penayangan karena di salah satu episodenya memunculkan adegan di mana Betty Boop menggunakan obat-obatan terlarang yang tentunya dapat merusak moral dan mental dari anak-anak yang menontonnya. Itulah kenapa serial kartun Betty Boop tidak semestinya disaksikan oleh anak-anak.

2.

Family Guy

5 Serial Kartun Terkenal Ini Tidak Pantas Ditonton Anak-anak

Family Guy | www.international.tbs.com

Pada dasarnya serial kartun ini dibuat untuk kategori anak-anak. Namun, yang terjadi adalah ketidaktepatan pemberian kategori karena nyatanya serial kartun ini menampilkan sesuatu yang tidak pantas disaksikan oleh anak-anak.

Family Guy sendiri bercerita tentang sebuah keluarga yang terdiri atas Peter sebagai ayah, Louis sebagai ibu, Meg, Chris, dan Stewie sebagai anak-anaknya, serta Brian sebagai anjing kesayangan keluarga.

Hal yang menyebabkan serial kartun ini ditolak penayangannya oleh beberapa negara (termasuk Indonesia) adalah karena muatannya yang mengandung unsur negatif.

Tidak jarang lelucon yang dibuat menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat. Meski bergenre komedi, lelucon yang terdapat dalam serial kartun ini memang dibuat berdasarkan budaya Amerika Serikat yang notabene-nya terkenal bebas.

Oleh karena itu, animasi ciptaan Seth MacFarlane ini sering disebut sebagai salah satu animasi dengan konten dewasa. Tentunya potret keluarga yang aneh dan tidak mendidik bukanlah hal yang patut disaksikan dan ditiru oleh anak-anak.

3.

Looney Tunes

5 Serial Kartun Terkenal Ini Tidak Pantas Ditonton Anak-anak

Looney Tunes | www.gq.com

Generasi 90-an tentu tahu dengan serial kartun yang satu ini. Yap! Serial kartun yang diproduksi oleh Warner Bros ini menjadi salah satu serial yang paling terkenal di masanya.

Dalam serial ini terdapat cukup banyak tokoh maupun karakter yang dikenal oleh masyarakat, khususnya anak-anak. Sebut saja Bugs Bunny, Daffy Duck, Tasmanian Devil, hingga si burung kecil, Tweety.

Meski sangat digandrungi, namun serial kartun ini sebenarnya tidak layak ditonton oleh anak-anak. Kenapa? Karena adegan di dalam serial ini kerap kali menampilkan kebrutalan dan pertengkaran yang membuat para orangtua khawatir.

Itu tentu saja merupakan contoh-contoh perbuatan yang tidak pantas ditonton oleh anak-anak. Makanya tak heran jika anak-anak yang ingin menyaksikan serial kartun ini harus didampingi oleh orangtua.

4.

The Simpsons

5 Serial Kartun Terkenal Ini Tidak Pantas Ditonton Anak-anak

The Simpsons | www.theverge.com

Serial kartun The Simpsons menjadi serial kartun favorit di eranya. Tingkah laku yang konyol dari keluarga ini sukses membuat para penonton yang menyaksikan tertawa terbahak-bahak. Tak dapat dipungkiri jika serial kartun keluarga ini begitu populer.

The Simpsons sendiri menceritakan tentang sebuah keluarga yang beranggotakan Homer, Marge, Bart, Lisa, dan Maggie. Meski cukup menggelitik, namun serial kartun ini sebenarnya kurang atau tidak layak disaksikan oleh anak-anak.

Hal itu disebabkan beberapa adegan yang menyoroti kebobrokan dari kebijakan pemerintah tempat keluarga Simpsons tinggal. Korupsi dan sistem yang salah menjadi topik yang sering diangkat di dalam serial kartun ini dan itu tentu saja tidak sesuai dengan kebutuhan dari anak-anak.

Serial kartun yang diciptakan oleh Matt Groening ini bahkan kerap menceritakan kejadian kejahatan yang dihiraukan oleh pihak kepolisian.

Mungkin alasan yang lebih tepat kenapa serial kartun ini tidak cocok dikonsumsi anak-anak adalah karena tidak adanya unsur pendidikan yang konkret (atau bahkan kurang mendidik) di dalam serial kartun The Simpsons.

Artikel Lainnya
5.

Tom & Jerry

5 Serial Kartun Terkenal Ini Tidak Pantas Ditonton Anak-anak

Tom & Jerry | www.1zoom.me

Terakhir ada serial kartun favorit anak-anak generasi 90-an. Yap! Siapa lagi kalau bukan Tom & Jerry. Serial animasi asal Amerika ini memang berfokus pada perkelahian antara Tom (kucing) dan Jerry (tikus).

Berbagai adegan fantasi yang mustahil dapat terjadi di sini. Namun, itu tidak mengapa karena yang jadi permasalahan adalah begitu banyaknya adegan kekerasan yang tentu saja tidak layak disaksikan oleh anak-anak.

Misalnya saja adegan Jerry memotong tubuh Tom menjadi dua hingga Tom yang mengejar Jerry dengan membawa kapak.

Bahkan di episode terakhirnya menampilkan adegan bunuh diri yang dilakukan oleh kedua tokoh fiksi tersebut. Sebuah akhir cerita yang tidak patut disaksikan oleh anak-anak (meskipun emang endingnya sedih banget).

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *