Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Buah dan Metode Alami

[ad_1]

Cara mengatasi kulit kering sangatlah penting mengingat kondisi cuaca belakangan ini sedang tidak stabil. Cuaca ekstrem memang rentan pada kulit yang sensitif.

Jika kulit wajah kering, mungkin kita berpikir bisa mengatasinya dengan make up atau pelembap. Sayangnya, semua itu bukanlah solusi mengatasi kulit kering, tapi menutupinya. Lagipula, jika kulit kering terjadi di bagian tubuh lain bagaimana solusinya?

Selain cuaca atau suhu, faktor lain penyebab kulit kering adalah kurangnya asupan gizi. Cara terbaik untuk mengatasi kulit kering adalah dengan konsumsi buah-buahan. Nah, mari kita simak ulasannya.

Buah untuk Mengatasi Kulit Kering

1.

Buah Jeruk

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Buah Jeruk | jempoltangan.com

Seperti yang kita ketahui, buah-buahan memiiki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, beberapa buah juga memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Misalnya, buah untuk mengatasi kulit kering yang ampuh adalah jeruk.

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga kelembapan kulit kita. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk mampu menjaga kulit kita agar senantiasa lembap. Hal tersebut baik karena kulit kita akan terhidrasi dengan baik.

2.

Buah Pisang

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Buah Pisang | i2.wp.com

Buah untuk mengatasi kulit kering selanjutnya adalah buah pisang. Pisang sangat baik untuk kesehatan kulit karena kandungan vitamin A, B, dan C. Kita bisa mengonsumsi buah pisang kapan pun, baik setelah atau sebelum makan.

Buah pisang juga baik untuk mencegah kulit mengalami penuaan dini. Peyebab utama penuaan dini adalah kondisi kulit yang tidak tertawat, termasuk kondisi kulit kering. Sedangkan, penyebab kulit kering adalah karena kulit kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cair sehingga menjadi kering dan terlihat bersisik.

Baca Juga: 10 Manfaat Kopi untuk Wajah, Kulit Lebih Lembut, Cerah, dan Bebas dari Risiko Kanker! 

3.

Buah Pepaya

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Buah Pepaya | cdn-u1-gnfi.imgix.net

Buah pepaya terkenal dengan kadar serat yang tinggi dan ampuh mengobati susah buang air besar. Namun, ternyata buah pepaya juga ampuh untuk membuat kulit kita terhindar dari kekeringan.

Hal itu disebabkan oleh kandungan folate, pantothenic acid, vitamin A, C, B dan mineral yang berupa magnesium, copper dan potassium yang terdapat dalam pepaya.

Konsumsi buah pepaya untuk menyehatkan kulit adalah pilihan yang tepat. Kita juga bisa sekaligus menjaga kesehatan metabolisme pencernaan.

4.

Buah Alpukat

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Buah Alpukat | 1.bp.blogspot.com

Konsumsi buah alpukat secara teratur juga dapat membuat kulit kita terhindar dari kekeringan. Kadar asam lemak dan juga beberapa vitamin yang terkandung dalam alpukat dapat membuat kulit kita terhindrasi dengan cukup.

Selain itu, jika kita mengalami kulit wajah kering, kita juga bisa mengatasinya dengan menggunakan alpukat yang kita jadikan sebagai masker wajah. Untuk membuah masker alpukat, kita perlu mencampur buah alpukat dengan madu. Madu yang ditambahkan dalam bahan masker alami juga dapat menghidrasi kulit wajah kita yang kering dan dapat menghilangkan noda yang terdapat di wajah kita.

Baca Juga: 11 Cara Mudah Mengatasi Iritasi Kulit dengan Bahan Alami 

5.

Delima

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Delima | umroh.com

Selain sinar matahari yang menyengat, salah satu penyebab kulit kita kering adalah polusi. Untuk menyehatkan kembali kulit kita yang kering akibat polusi, kita hanya perlu mengonsumsi buah delima.

Buah delima mengandung vitamin C dan K, juga mengandung folate, mineral yang berupa kalsium. Hal tersebut akan baik untuk menjaga kulit kita dari ganasnya sinar ultraviolet.

Cara Mengatasi Kulit Kering Alami selain Buah-buahan

Selain konsumsi buah-buahan, beberapa cara mengatasi kulit kering dengan metode/bahan alami juga dapat kamu terapkan sebagai berikut:

6.

Lidah Buaya

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Menggunakan Lidah Buaya | i.ytimg.com

Selain dengan mengonsumsi buah-buahan di atas, cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap alami. Selain lebih aman, pelembap alami juga lebih banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kulit tubuh kita. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan lidah buaya.

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang menjadi bahan terbaik untuk membuat kosmetik atau obat alternative. Hal tersebut karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam lidah buaya dapat membantu kita kuat terhadap sinar matahari.

Oleh karena itu, lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang dapat membuat kita terhindar dari kulit kering. Kita dapat mengoleskan lidah buaya di bagian kulit kita yang kering. Jika kulit kepala kita juga mengalami kekeringan, kita bisa mengoleskan lidah buaya pada kulit kepala kita.

Baca Juga: 16 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan yang Belum Diketahui Banyak Orang

7.

Teh Hijau

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Teh Hijau | surabayastory.com

Konsumsi teh hijau secara teratur juga dapat menghindari kulit kita mengalami kekeringan. Sama baiknya dengan konsumsi buah-buahan. Selain baik juga untuk pencernaan dan untuk diet, teh hijau juga dapat membuat kulit kita terhindrasi dan menjadikannya lembap.

Selain dikonsumsi, kita juga bisa oleh teh hijau menjadi pelembap kulit. Dengan menambah campuran teh hijau, minyak kelapa, minyak almon, dan minyak vitamin E. Campuran kombinasi tersebut dapat membuat kulit kita terhindar dari kekeringan.

8.

Yogurt dan Telur

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Yogurt dan Telur | www.dutchgoldhoney.com

Membuat masker secara alami juga bisa menjadi pilihan lain selain mengonsumsi buah-buahan untuk mengatasi masalah kulit kering yang kita alami.

Kandungan protein dan lemak baik yang terdapat dalam yogurt dan telor juga dapat digunakan untuk mencegah kulit kita dehindrasi dan mengalami kekeringan. Kombinasi kedua kandungan ini juga dapat menyehatkan sekaligus melindungi kulit kita dari kerusakan sel kulit akibat sinar ultraviolet.

Kita bisa mencampurkan yogurt dan telur kemudian mengoleskannya kepada kulit kita dan pijat perlahan sampai olesan menyerap sempurna dalam kulit. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dan dibersihkan. Usahakan membersihkannya menggunakan air hangat, ya.

Baca Juga: Cara Membuat Salad Buah untuk Diet yang Praktis 

9.

Krim Susu

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Krim Susu | warungmbakjum.files.wordpress.com

Jika kita sering melihat film-film yang menceritakan tentang masa kerajaan, banyak selir dan permaisuri mandi menggunakan krim susu. Hal tersebut karena krim susu baik untuk kesehatan kulit tubuh, dan hal tersebut sudah dilakukan sejak dari dahulu kala.

Krim susu dapat membuat kulit kita terhindrasi dan menjaga kelembapan kulit. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa faktor utama kulit kita menjadi kering dan bersisik adalah kurangnya cairan pada kulit dan dehindrasi.

Mencoba cara ini juga bisa sebagai alternatif untuk mengembalikan kemulusan kulit kita selain dengan mengonsumsi buah-buahan.

Baca Juga: Manfaat Buah Pir untuk Tubuh dan Kecantikan, Khasiatnya Nggak Main-main 

10.

Pola Makan dan Minum

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan buah

Minum air secukupnya | www.pexels.com

Terakhir, kamu wajib menjaga pola makan dan minum yang teratur. Diusahakan makan dengan lauk yang bergizi dan minum air putih yang cukup. Karena bisa saja kulit kering yang kita alami karena kekurangan gizi dan cairan dalam tubuh kita.

Artikel Lainnya

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *