THE 3RD UI I-GOV EXPO 2023: TINGKATKAN TRANSFORMASI DIGITAL MELALUI KOLABORASI PENTAHELIX*

 

Multinewsmagazine.com – Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Kerja Sama kembali mengadakan UI Industrial-Government Expo (UI I-Gov Expo). Kegiatan tahunan yang diadakan untuk ketiga kalinya ini akan berlangsung pada 5–6 Desember 2023, di Balairung Kampus UI Depok. Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, akan membuka acara sekaligus menjadi keynote speaker yang mengulas upaya pengembangan ekosistem industri halal di Indonesia.

UI I-Gov Expo 2023 merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mewujudkan kerja sama pentahelix yang melibatkan mitra akademisi, pemerintah, masyarakat, media, dan industri. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk sinergi dan kolaborasi antara pihak-pihak terkait dalam mendorong kesejahteraan bangsa melalui inovasi dalam digitalisasi serta terbangunnya jejaring yang kuat sebagai fondasi untuk mendorong kesejahteraan Indonesia. Ada tiga acara utama yang diselenggarakan dalam UI I-Gov Expo 2023, yakni seminar, pameran, dan penganugerahan penghargaan. Dalam acara tersebut, juga akan dilakukan sosialisasi sertifikasi halal bagi pelaku industri mikro-kecil yang akan dikoordinasikan oleh UI Halal Centre.

Seminar bertajuk “Sinergi dan Kolaborasi untuk Mendorong Kesejahteraan Rakyat Melalui Digitalisasi” akan menghadirkan beberapa narasumer, di antaranya Menteri Dalam Negeri RI, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian; Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Emil Elestianto Dardak; Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Sunarso; Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah; Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer.nat Abdul Haris; serta Country Manager Google Cloud Indonesia, Anang Efendy.

Para narasumber akan membahas perkembangan digitalisasi sektor industri di Indonesia yang mencakup “Transformasi Digital untuk Pelayanan Publik: Best Practice Provinsi Jawa Timur” serta “Kontribusi PT Telkom Tbk. dalam Peningkatan Literasi Digital di Bidang Pendidikan dan Kesehatan”. Selain itu, dibahas pula topik perkembangan digitalisasi di Indonesia yang mengulas “Transformasi Digitalisasi Keuangan di Indonesia dalam Mendukung Pemberdayaan UMKM dan Industri Halal: Pengalaman PT BRI Tbk.” serta “Digitalisasi di Indonesia: Kondisi dan Tantangan yang Dihadapi”.

Pada kegiatan pameran, 60 tenant dari pihak internal dan mitra eksternal akan turut serta. Pihak internal UI terdiri atas 14 Fakultas, 2 Sekolah Pascasarjana, 1 Program Pendidikan Vokasi, dan 5 Unit Kerja Khusus. Adapun mitra eksternal yang tergabung, yaitu Yayasan Purnomo Yusgiantoro (Bayan Resources); PLN (Tugas Belajar di UI); Mitra Bank (BRI, Mandiri, BNI, BTN, BJB, BSI, BCA); Dunia Usaha dan Dunia Industri (Paragon Group, Microsoft, Telkom, Pertamina, Indosat, PT KAI, PT Transjakarta, HPM, Grab); Mitra Edukasi (Google, Pengmas UI, CIL, Makara UI Academy); serta Public Sector (Ditjen Imigrasi dan Ditlantas Polda Metro).

Selain dua acara tersebut, pada kesempatan itu juga akan diadakan pemberian penghargaan kepada para stakeholder yang telah menjalin kerja sama dengan UI. Beberapa di antaranya adalah penghargaan kepada Fakultas/Sekolah Pascarjana/Vokasi atas jalinan kerja sama yang telah dibangun dengan para mitra; juga kepada para mitra eksternal (pemerintah/lembaga, industri, hingga media) yang turut berkontribusi mendukung pelaksanaan pembelajaran di UI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *